FILM THE UPSIDE, SEBUAH DRAMA KOMEDI 2 SOSOK PERSAHABATAN YANG MENGINSPIRASI

Trenddjakarta.com – Bayangkan jika dua orang dengan latar belakang sosial-ekonomi yang berbeda, dapat membentuk kisah persahabatan yang menyentuh. Kisah seorang kulit putih kaya raya namun lumpuh, dengan pengasuhnya yang merupakan mantan narapidana berkulit hitam. Diangkat dari kisah nyata, berikut ulasan atau review The Upside.
The Upside berkisah tentang Phillip (Bryan Cranston), penulis sekaligus investor terkenal. Dibalik kesuksesannya, Phillip punya kekurangan, yaitu  penyakit yang menyebabkan tubuhnya mengalami kelumpuhan dan sulit melakukan aktivitas seperti manusia normal lainnya. Mau, tidak mau Phillip harus mencari seorang pengasuh pribadi untuk membantunya.
Di tempat yang berbeda, Dell (Kevin Hart) adalah mantan narapidana yang punya status bebas bersyarat. Dell sedang disibukkan mencari pekerjaan agar dapat bebas dari status narapidana. Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Dell bertemu dengan Phillip. Perbedaan dua orang dengan status sosial bak bumi dan langit ini mengubah cara pandang dan berpikir mereka. Dell kemudian bekerja sebagai pengasuh pribadi Philip dan membuat hidupnya lebih berwarna. Pun, sebaliknya, Phillip memberikan banyak pelajaran yang berharga untuk Phillip. Film yang disutradarai oleh Neil Burger ini merupakan remake dari film Perancis berjudul The Intouchables. Dirilis pada tahun 2011, The Intouchables berhasil menarik perhatian warga Perancis dan menjadi film drama komedi terbaik di sana pada waktu itu. Lalu, apakah The Upside akan mengikuti jejaknya Dell, ia memang mantan napi yang terkena kasus narkoba. Namun, saat ini ia adalah seorang ayah yang sedang berjuang meyakinkan istri dan anaknya untuk mengubah pandangan mereka akan cap ‘kriminal’ yang telah melekat pada dirinya. Dan Philip, ia memang seorang investor yang memiliki kekayaan berlimpah. Namun, sebenarnya ia hanyalah seorang duda lumpuh yang berusaha mencari cinta sejati baru dan mau menerima kondisi fisiknya.
Secara keseluruhan, film ini menyajikan cerita klise yang menceritakan sisi lain dari kehidupan seseorang yang saling berlawanan. Cerita yang disajikan sudah sering didengar di film maupun kehidupan nyata. Namun, para aktor berhasil mengembangkan cerita klise ini menjadi lebih baik dengan aktingnya dalam memerankan tokoh masing masing.


Walaupun jalan cerita yang disuguhkan tergolong mainstream, lelucon dan adegan konyol yang banyak diselipkan sepanjang film ini berhasil membuat penonton tertawa. Bagaimana menariknya tingkah laku Dell yang menyebalkan dipertemukan dengan Philip yang serba pasrah. Disuguhkan dengan bumbu komedi, film ini berhasil menyampaikan pesan moral yang baik kepada para penonton.

Ketika The Intouchables rilis pada 2011, film tersebut langsung menjadi tontonan wajib di Perancis dan menarik perhatian para kritikus film Sang sutradara dari The Upside, Neil Burger, membuat remake versi Amerika dan jalan ceritanya sama persis. Hanya saja ia menyajikan film ini dalam sudut pandang kebiasaan hidup dan budaya warga Amerika.
Banyak adegan antara dua orang tokoh utama di The Upside yang dibuat sama persis dengan aslinya. Sayangnya Kevin Hart dan Bryan Cranston tidak dapat menggantikan ciri khas kelucuan tokoh aslinya, yang waktu itu diperankan oleh Omar Sy dan Francois Cluzet.
Satu-satunya tokoh yang menarik perhatian adalah tokoh Yvonne Pendleton. Diperankan oleh Nicole Kidman, ia berhasil menjadi tokoh yang memiliki ciri khas tersendiri dalam film ini. Sebagai asisten pribadi Philip, ia memiliki konflik batin terhadap perasaannya yang dapat disembunyikan secara apik dengan sosoknya yang tegas dan profesional.
Jika kamu sudah menonton versi originalnya, mungkin film ini akan menjadi tidak menarik untuk ditonton karena tidak ada hal signifikan yang menjadi pembeda antara The Intouchables dan The Upside. Namun jika belum, film ini layak untuk ditonton karena tetap mampu menyentuh penonton lewat kisah persahabatan, percintaan, sosial-ekonomi, hingga kisah keluarga yang memberikan banyak pesan moral di dalamnya.
Secara keseluruhan, The Upside adalah sebuah film yang menyadarkan kita bahwa setiap orang pasti memiliki masa-masa terberatnya. Namun, mereka tetap berusaha melakukan seluruh aktivitas sehari-hari dan percaya akan ada perubahan yang lebih baik di masa depan.
Penasaran? Kamu bisa menyajikan ulasan atau review The Upside versi kamu sendiri. Film ini segera tayang di bioskop. Pastikan untuk menonton film yang satu ini, karena akan ada banyak keseruan dari sebuah perbedaan dan persahabatan.(Td/Alvin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *