FKG UI & Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia Gelar “Senyum Jakarta Sehat”

TrenddJakarta.com, 28 Juli 2019 -SENYUM JAKARTA SEHAT,
Tim Pengabdi Masyarakat Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) yang diketuai oleh Dr. Mochamad Fahlevi Rizal, drg., Sp.KGA (K) bekerja sama dengan Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia Pengurus Daerah DKI Jakarta yang diketuai oleh Dr. Eva Fauziah, drg., Sp.KGA (K), dan Indonesia Rare Disease (IRD), mengadakan acara yang bertajuk  “Senyum Jakarta Sehat” yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional 2019, yang berlangsung di acara Car Free Day Jakarta.

Acara ini sebagai upaya untuk mendukung program Pemerintah “Indonesia Bebas Karies Tahun 2030”. Dr. drg. Mochamad Fahlevi juga menuturkan, “Kegiatan Baksos ini berangkat dari hasil Riset Kesehatan Kementerian Kesehatan Indonesia pada tahun 2019 yang menunjukkan tingginya prevalensi gigi berlubang pada anak sekolah sebesar 92,6%. Hal ini ini menjadi perhatian kami para praktisi kesehatan gigi khususnya Dokter Gigi Spesialis Kesehatan Gigi Anak, mengingat minimnya informasi mengenai kesehatan gigi mulut Anak serta tingginya biaya pelayanan kesehatan gigi Anak. Maka melalui kegiatan ini kami ingin meningkatkan pemahaman dan kebiasaan masyarakat untuk memeriksakan dan memperbaiki kesehatan gigi dan mulut putra putrinya.”

Acara ini di sponsori oleh Hibah Pengabdian Masyarat Universitas Indonesia bekerja sama dengan IDGAI DKI Jakarta, PT Millenium Pharmacon International Tbk, dan PT Danone Indonesia. Perhelatan kali ini tidak hanya ditujukan untuk kelompok usia Anak, tapi juga untuk seluruh Keluarga Indonesia yang hadir saat acara Car Free Day di Kawasan Jl. Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Kegiatan ini dikemas untuk keluarga berupa pemeriksaan gigi, penyuluhan kesehatan gigi bagi anak-anak, dan konsultasi gigi gratis yang dilakukan oleh Dokter Gigi Anak di DKI Jakarta, serta kegiatan hiburan berupa olahraga zumba dan hiburan pantomim cilik.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan harapan dapat memberikan edukasi sejak dini mengenai kesehatan gigi mulut Anak dan Orangtua. Sehingga dapat meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan gigi mulut dan dapat menurunkan angka terjadinya gigi berlubang pada Masyarakat Indonesia.(Td/All)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *