Pernyataan Sikap Gerakan Alumni Universitas Indonesia Untuk Jokowi-Amin Terhadap Kondisi & Situasi Politik Saat lni

Trenddjakarta.com, JAKARTA, 2 Oktober 2019 – Kondisi sosial dan suhu politik di Indonesia saat ini telah menimbulkan keresahan masyarakat. Maraknya aktivitas unjuk rasa yang dilakukan oleh berbagai kelompok yang menjurus pada tindakan anarkis, pelanggaran hukum yang terkesan tidak terkendali telah menciptakan rasa ketakutan dan sangat mengganggu kehidupan masyarakat umum.

Aksi unjuk rasa yang mengancam stabilitas nasional tersebut sudah berada dalam tahap yang sangat mengkhawatirkan, sehingga perlu mendapat respons yang tegas dari berbagai elemen masyarakat, termasuk alumni perguruan tinggi yang mewakili kelompok terpelajar.

Oleh sebab itu, Gerakan Alumni Ul untuk Jokowi-Amin menyuarakan sikap tegasnya.

Gerakan Alumni Ul untuk Jokowi-Amin menyatakan tetap dan terus konsisten mendukung dan mengawal Bapak Joko Widodo dan K. H. Ma’ruf Amin untuk menunaikan tugasnya sebagai Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih secara sah dalam Pemilihan Umum 2019.

“Kami siap mengawal pelantikan Bapak Joko Widodo dan Bapak K. H. Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024. Segala bentuk dan upaya pengingkaran proses demokrasi yang konstitusional adalah tindakan yang tidak sah, tercela dan kami sangat menentangnya,” kata Fajar Soeharto Ketua Gerakan Alumni Ul untuk Jokowi-Amin.

Gerakan Alumni Ul untuk Jokowi-Amin menghimbau kepada semua pihak, termasuk kalangan Ul sendiri dan sahabat-sahabat Alumni lainnya, untuk menghormati dan mematuhi proses demokrasi yang telah sesuai dengan aturan hukum yang telah disepakati bersama dalam konteks negara hukum.

Oleh karena itu, kegiatan aksi menyampaikan pendapat dimuka umum wajib mematuhi kaidah-kaidah tersebut demi kesetiaan menjaga NKRl yang berdasarkan Pancasila.

Dukungan dan kawalan Gerakan Alumni UI untuk Jokowi-Amin ini ditegakkan berdasarkan Manifesto Gerakan yang berikrar menjunjung hak setiap warga negara untuk memilih pemimpin yang amanah, berintegritas dan bekerja nyata bagi kemajuan dan kesejahteraan rakyatnya sehingga mampu menciptakan kehidupan berbangsa dan bernegara yang adil dan makmur, serta mengangkat martabat Indonesia di mata dunia.

“Kami konsisten dan berkomitmen penuh, Manifesto kami secara jelas dan tegas telah menuangkan niat kami agar rakyat Indonesia maju, makmur dan sejahtera. Karena itu, perlu upaya dari semua pihak untuk menjaga stabilitas yang ada. Mari kita dukung dan kawal Jokowi-Amin bekerja agar Indonesia menjadi salah satu negara dan bangsa yang maju di dunia,” ujar Fajar.

Pernyataan sikap ini dihadiri oleh berbagai tokoh Alumni Ul dan berbagai narasumber, di antaranya adalah sutradara/seniman Jay Subiakto, aktivis Fadjroel Rachman, pengusaha Petty Tunjung Sari, Psikolog Tika Bisono, penyanyi Elfonda Mekel (Once) dan berbagai tokoh lainnya. Acara yang dilangsungkan di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Oktober ini dibuka oleh konduktor Addie MS, lalu dilanjutkan dengan pernyataan sikap Gerakan Alumni Ul untuk Jokowi-Amin, pembacaan manifesto dan penutupan dengan membaca doa.

Gerakan Alumni Universitas Indonesia Untuk Jokowi-Amin ini adalah Gerakan moral sebagai perwakilan dari kaum terpelajar intelektual ini secara terbuka mendukung Jokowi-Amin melalui deklarasi publik pada 12 Januari 2019, di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Gerakan ini adalah inisiatif dari para alumni Ul yang memilih untuk mendukung pasangan calon Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden yang dinilai memiliki prestasi, rekam jejak dan integritas untuk memimpin Indonesia.

Berikut , Pernyataan Sikap GERAKAN ALUMNI UNIVERSITAS INDONESIA UNTUK JOKOWl-AMIN TERHADAP SITUASI TERKINI INDONESIA

– Gerakan Alumni Ul untuk Jokowi-Amin menyuarakan sikap tegasnya untuk tetap

setia dan terus menjaga Pancasila dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

– Gerakan Alumni Ul untuk Jokowi-Amin menghargai perbedaan pendapat namun

mengecam berbagai bentuk aksi anarkis dan melanggar tatanan hukum negara.

– Gerakan Alumni Ul untuk Jokowi-Amin menentang segala bentuk dan upaya inkonstitusional yang tidak sah dan tercela, oleh karena hal tersebut bertentangan dengan proses demokrasi.

– Gerakan Alumni Ul untuk Jokowi-Amin menyatakan tetap dan terus konsisten mendukung dan mengawal pelantikan Bapak Joko Widodo dan KH Ma‘ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden yang terpilih secara sah dalam Pemilihan Umum 2019.(Ull)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *