Survei Terbaru FedEx Tunjukkan Peluang Pertumbuhan E-commerce untuk UKM pada Fase ‘New Normal’

Trenddjakarta.com, Indonesia 30 September 2022 – Tren e-commerce dari survei terbaru yang dilakukan oleh FedEx Express, salah satu perusahaan transportasi ekspres terbesar di dunia, menunjukkan bahwa Usaha Kecil Menengah (UKM) dan konsumen sepakat bahwa masih ada ruang untuk pertumbuhan pada sektor e-commerce yang sudah booming sebelumnya.

Survei What’s Next in E-Commerce meninjau usaha kecil dan menengah (UKM) dan konsumen di 11 pasar di kawasan Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika (AMEA) pada Juli 2022 untuk mengeksplorasi evolusi berkelanjutan dari e-commerce di wilayah tersebut serta mengidentifikasi tren guna mendorong pertumbuhan mereka di masa depan.

“COVID mempercepat gaya hidup masyarakat ke titik di mana belanja online dinormalisasi di semua wilayah, bahkan terhadap generasi yang lebih tua, dan tidak ada jalan untuk kembali. Maka itu, e-commerce akan mengambil proporsi dari total pengeluaran konsumen[1].” kata Kawal Preet, presiden Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika (AMEA) di FedEx Express. “Dengan semakin banyaknya orang yang berbelanja online, preferensi konsumen akan semakin mutakhir. Saat UKM dan pedagang online mengembangkan platform penjualan online mereka, survei kami mengungkapkan peluang bagi bisnis untuk memanfaatkan apa yang diinginkan konsumen. Pengalaman pelanggan merupakan kekuatan yang mendorong e-tailer untuk terlibat dengan pelanggan mereka dan bagaimana kami berinovasi dalam solusi pengiriman kami. Melalui portofolio yang diperluas dan khusus dikembangkan untuk bisnis e-commerce, FedEx berada di posisi yang tepat untuk mendukung perubahan ekspektasi konsumen dan kelanjutan pertumbuhan e-commerce.”

Masih ada ruang pertumbuhan pada sektor e-commerce yang sudah matang
Asia Pasifik yang mencakup pasar e-commerce terbesar di dunia seperti India, Tiongkok, Jepang, dan Korea[2], akan melihat pendapatan dari penjualan e-commerce mencapai US$2,09 triliun di tahun ini berkat 57% populasi di kawasan ini melakukan belanja online[3].

Ekonomi digital Asia Tenggara diperkirakan akan meningkat menjadi US$363 miliar pada tahun 2025, melampaui perkiraan sebelumnya sebesar US$300 miliar. Hampir setengah dari pertumbuhan tersebut berasal dari Indonesia[4].

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat nilai transaksi e-commerce di Indonesia, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, mencapai US$7,2 miliar (Rp108,54 triliun) selama kuartal pertama 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu YOY[5]. Sementara itu, Bank Indonesia (BI) memproyeksikan transaksi e-commerce tahun ini diperkirakan mencapai US$35 miliar (Rp526 triliun), meningkat 31,2% dari capaian tahun 2021 yang sebesar US$26 miliar (Rp401 triliun)[6].

Baik UKM maupun konsumen semakin matang dalam penggunaan e-commerce dan kedua belah pihak sepakat bahwa pemanfaatan e-commerce yang didorong oleh pandemi akan tetap ada. Delapan dari sepuluh UKM percaya, e-commerce akan menjadi lebih penting bagi bisnis mereka dalam tiga tahun ke depan, dan sembilan dari sepuluh percaya bahwa mereka siap menghadapi tantangan yang ada. 80% konsumen melaporkan bahwa e-commerce telah mengambil bagian yang lebih besar dari total transaksi mereka selama tiga tahun terakhir, sementara 71% melihat peningkatan lebih lanjut ke depan.

UKM di India, Malaysia, Filipina, dan Vietnam termasuk yang paling optimistis terhadap pertumbuhan e-commerce dalam tiga tahun ke depan, berdasarkan sentimen yang dibagikan oleh konsumen di pasar yang sama[7]. E-commerce saat ini mewakili kurang dari 6% dari total penjualan ritel di masing-masing pasar. UKM dan konsumen di Jepang dan Korea Selatan melihat potensi paling kecil untuk pertumbuhan signifikan di masa depan.

Sementara itu, di Indonesia, belanja online di tanah air kemungkinan akan berlipat ganda menjadi USD 146 miliar pada tahun 2025, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan 20 persen – menyoroti peluang yang tak terkendali di negara ini.

Ketidakcocokan harapan pada titik kontak pengalaman layanan
Akibat semakin banyaknya konsumen yang berpartisipasi dalam ekonomi berdasarkan permintaan dan meningkatnya volume pengiriman turut memberi tekanan pada e-tailer, yaitu menjaga kualitas layanan pelanggan menjadi hal yang sangat penting. Data survei mengungkapkan kesenjangan 10% yang signifikan antara bagaimana UKM menilai pengalaman pelanggan e-commerce mereka sendiri dan bagaimana konsumen melihatnya. Kesenjangan terbesar muncul dalam memiliki layanan pengembalian yang efisien (13%) dan akses ke dukungan pelanggan (11%).

Pengiriman yang terlalu lama adalah poin utama konsumen (53%) diikuti dengan penanganan pengembalian (42%). Konsumen biasanya mengharapkan pengiriman dalam tiga hari hingga satu minggu, tetapi jelas ada keinginan untuk pengiriman setidaknya lebih dapat diandalkan jika tidak lebih cepat.

Terlalu sedikit SDM berpengalaman untuk terlalu banyak pekerjaan
Sementara masa depan terlihat cerah, 65% pelaku bisnis e-commerce melaporkan bahwa mereka berjuang untuk menangani peningkatan jumlah pesanan yang mereka terima. Di tengah lonjakan permintaan, bakat dan rekrutmen terbukti menantang bagi UKM. Lebih dari 73% telah mengalami tingkat pengunduran diri yang sangat tinggi selama 12 bulan terakhir karena fenomena pengunduran diri yang besar secara global telah berdampak pada wilayah tersebut. 62% percaya bahwa terlalu sedikit SDM untuk terlalu banyak pekerjaan yang fokus pada keahlian yang paling dicari saat ini, yaitu pemasaran e-commerce dan pengalaman dalam bidang penjualan. UKM mengadopsi pendekatan ganda sebagai solusi, merekrut bakat dari luar bisnis mereka dan meningkatkan keterampilan staf saat ini melalui pelatihan untuk memenuhi permintaan di pasar pekerja yang ketat.

Penyedia layanan logistik hadir untuk memberikan dukungan
“Pertumbuhan e-commerce, perubahan perilaku konsumen, dan ekspektasi yang berkembang di seluruh Indonesia dan sekitarnya telah membuka peluang baru yang menarik bagi bisnis untuk sukses,” kata Garrick Thompson, Managing Director FedEx Express Indonesia. “Dengan menyediakan solusi sederhana dan efisien, kami membuat pemenuhan pesanan menjadi lebih mudah, dan memungkinkan UKM untuk menaiki gelombang pertumbuhan ini dan tetap kompetitif. Survei What’s Next in E-Commerce kami mengungkapkan bahwa ada banyak peluang bagi e-tailer untuk bereksperimen dengan pendekatan baru yang dapat membantu membangun basis pelanggan mereka.”

FedEx mengintegrasikan layanannya dengan pasar e-commerce sehingga para pelaku bisnis e-commerce dapat membuat label pengiriman FedEx dan menggunakan fitur FedEx tambahan, seperti Layanan Pengiriman Ekspres dan Layanan Dokumentasi Pengiriman Internasional, tanpa meninggalkan platform. Mudah digunakan, layanan tanpa batas seperti ini memudahkan pekerja baru dan membantu meningkatkan pengalaman kerja. Selain itu, FedEx® International Connect Plus (FICP), yang diluncurkan tahun lalu, baru-baru ini juga telah diperluas untuk memberi manfaat bagi para pelaku bisnis e-commerce di empat belas pasar di AMEA. Solusi pengiriman internasional yang dapat menjadi pilihan tepat ini melakukan sebagian besar pengiriman antara 1 hingga 3 hari kerja di wilayah AMEA, yang memenuhi harapan konsumen untuk kecepatan pengiriman menurut survei yang kami lakukan. Selain itu, solusi pengiriman yang dapat disesuaikan seperti FedEx® Delivery Manager memungkinkan para pelaku bisnis e-commerce menawarkan layanan yang dipersonalisasi kepada pelanggan mereka, dan kebebasan untuk mengelola serta mengontrol preferensi pengiriman mereka, seperti yang diinginkan konsumen saat ini.

Tentang Apa Selanjutnya dalam Survei E-Commerce
Survei online dilakukan oleh Harris Interactive pada Juli 2022 di 11 pasar termasuk Australia, Hong Kong SAR, India, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Sebanyak 300 usaha kecil dan menengah (dengan kurang dari 250 pekerja) yang terlibat dalam e-commerce diriset di setiap pasar bersama dengan 500 konsumen (1.000 di India) berusia di atas 18 tahun. Klik disini untuk mengakses laporan selengkapnya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *