Tingkatkan Kontribusi Sains Bagi Indonesia Dan Dunia, ISE Kembali Digelar di 2018

Trenddjakarta.com – Pagelaran Indonesia Science EXPO (ISE): yang Sukses digelar tahan lalu, akan kembali digelar pada tahun ini. ISE tahun 2018 akan menampilkan beragam hasil – hasil riset keren dari para ilmuwan negeri ini. Perhelatan pameran sains ini merupakan yang ketiga kalinya, setelah di selenggarakan pada 2015 dan 2017. Tujuan penyelenggaraan ISE adalah menggaungkan hasil – hasil riset agar lebih terpahamkan ke masyarakat luas akan pentingnya peran riset, teknologi, dan inovasi bagi kehidapan yang Iebih baik di masa depan. Salah satu luaran yang diharapkan dari Penyelenggaraan ISE adalah meningkatkan kontribusi sains bagi Indonesia dan dunia. Dan untuk mengupas Iebih jauh tentang hal ini, digelar Talkshow “Science, Einstein, dan Kontribusinya kepada Dunia ” yang juga bersamaan dengan Kick off ISE 2018 pada Rabu, 14 Mare! 2018 di Media Center LIPI Jakarta.

Pemahaman tentang sains dan hasil riset perlu digaungkan di tengah masyarakat luas. “ISE 2018 merupakan salah satu sarana penting untuk membumikan sains dan hasil – hasil riset para peneliti maupun inovator yang ada di negeri ini,” ungkap Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Laksana Tri Handoko.

Handoko mengatakan, hasil-hasil riset yang mampu tersebarluaskan dan termanfaatkan secara ‘baik kepada masyarakat, berarti memberi kontribusi bagi peningkatan daya saing bangsa di tingkat dunia.

Selain itu, pemanfaatan hasil riset diharapkan juga berkontribusi dalam pembuatan Iandasan

kebijakan pemerintah. “Sehingga, hasil-hasil riset terimplementasikan secara nyata dan mendapat ‘ apresiasi positif dari para stakeholders yang ada,” ujarnya.

Sekedar diketahui, ISE sendiri merupakan pameran sains yang menampilkan hasil-hasil riset peneliti, baik kementerian dan lembaga negara, perguruan tinggi dan tentunya juga LIPI, serta industri. Pelaksanaan ISE direncanakan pada 1 4 November 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten. Selain pameran sains, ISE diisi dengan beragam kegiatan antara lain: science movie, science art, science show, games, workshop, talkshow, Pekan Inovasi Teknologi 2018, serta konferensi ilmiah.

Untuk penyelenggaraan ISE, LIPI menggandeng iDM (Media Group) dalam pelaksanaan kegiatannya. Penyelenggaraan ISE diharapkan mampu mempertemukan kalangan peneliti, akademisi,

pebisnis, serta pemerintah untuk bersinergi dalam memperkenalkan, membangun kerja sama dan menciptakan produk-produk inovasi di berbagai bidang.

Executive Vice President Media Group, Mohammad Mirdal Akib, mengatakan “Kami percaya bahwa Ilmu Pengetahuan dan Inovasi adalah salah satu pilar kemajuan bangsa. Untuk itu, Media Group

melalui berbagai platform media yang kami miliki seperti Metro TV, Media Indonesia, Medcom.id dan Metrotvnews.com akan selalu mendukung dunia ilmu pengetahuan.”

Sementara terkait penyelenggaraan Talkhow “Science, Einstein, dan kontribusinya kepada dunia”, talkshow ini menghadirkan tiga pembicara dan satu bintang tamu. Ketiga pembicara adalah Laksana Tri HandokO (Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI dan juga peneliti flsika ternama d1“ Indonesia), Suharyo Sumowidagdo (peneliti berprestasi dari Pusat Penelitian Informatika LIPI), dan Mohammad Mirdal Akib (Executive Vice President Media Group). Sedangkan, bintang tamu talkshow

tersebut adalah Kafin Sulthan (sosok anak jenius dan musisi jazz peraih AMI Award 2016 untuk penyanyi anak solo pria terbaik, yang juga penggemar berat sains).

Lebih Spesiflk ke salah satu pembicara, Suharyo Sumowidagdo, dia adalah ilmuwan yang menggeluti fisika partikel eksperimental. Suharyo meraih gelar doktor dari Florida State University dan pernah tetgabung sebagai anggota tim peneliti di Organisasi Riset Nuklir Eropa (CERN) dan ikut memecahkan misteri tentang Higgs boson atau “partikel tuhan”. Dia juga meraih berbagai penghargaan bergengsi, diantaranya adalah Achmad Bakrie XII (2015) dan Kekayaan Intelektual SINTA Ristekdikti (2017). Suharyo bergabung dengan LIPI pada 2013 dan banyak mengusung konsep iptek gotong~ royong dalam kinerjanya. ‘

Kemudian untuk bintang tamu Kafin Sulthan, sosok musisi muda ini sangat menggemaxi sains sejak anak-anak dan tergolong anak jenius. Hingga sebagian masyarakat menjulukinya sebagai Einstein “Jaman Now”. Talkshow ini pun akan mengangkat bagaimana rahasia Kafin bisa berprestasi secara akademis di bidang sains dan juga berprestasi di bidang musik.(Td/ully)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *