L’ORÉAL Indonesia Raih Penghargaan Gender Inclusive Workplace dari UN Women dalam Women”s Empowerment Principles Awards 2021

Trenddjakarta.com, Indonesia 22 Oktober 2021 – L’Oréal Indonesia dinobatkan sebagai pemenang dalam kategori Gender Inclusive Workplace dalam penghargaan Women’s Empowerment Principles (WEPs) Awards 2021 yang diadakan oleh UN Women Indonesia. Penghargaan diberikan atas komitmen dan inisiatif kebijakan perusahaan dalam mempromosikan kesetaraan gender di tempat kerja. Sebagai pemenang, L’Oréal Indonesia akan mewakili Indonesia di tingkat Asia-Pasifik pada saat acara penghargaan regional tanggal 18 November 2021 mendatang.

WEPs Awards Indonesia 2021 diselenggarakan melalui program WeEmpowerAsia yang didanai oleh Uni Eropa, memberikan apresiasi kepada sektor swasta di Indonesia atas inisiatifnya untuk mengatasi ketimpangan gender dan mendukung partisipasi aktif perempuan dalam mendukung perekonomian nasional. 228 aplikasi dari 138 perusahaan telah diseleksi oleh 10 panel juri. Panel juri terdiri dari professional dan leader di sektor bisnis dan pembangunan, NGO, Asosiasi, dan Media dengan pengalaman dalam isu pemberdayaan ekonomi perempuan.

Secara spesifik, kategori Gender Inclusive Workplace memberi penghargaan terhadap pencapaian L’Oréal Indonesia dalam melaksanakan upaya-upaya yang inklusif gender di tempat kerja, termasuk dalam:

Melakukan pendekatan inovatif untuk perekrutan yang setara dan non-diskriminatifMenyediakan pengaturan kerja yang fleksibelMenerapkan kebijakan yang mendukung kesetaraan peran perempuan dan laki-laki untuk menjalankan tugas rumah tangga termasuk pengasuhan.Menjamin keselamatan, dan kesejahteraan karyawan perempuan dan laki-lakiMengurangi kesenjangan upah berdasarkan genderdan mendorong pengembangan karir dan kepemimpinan perempuan

“Sebagai bagian dari komitmen Diversity & Inclusion L’Oréal, kesetaraan gender telah menjadi prioritas utama kami selama lebih dari 15 tahun. Kami berkomitmen untuk terus memajukan kesetaraan antara perempuan dan laki laki di seluruh bisnis dan operasi kami di Indonesia karena kami yakin keberagaman dan inklusi merupakan salah satu fondasi utama keberhasilan kami dalam memahami keragaman konsumen kami di seluruh dunia,” ujar Umesh Phadke, President Director, L’Oréal Indonesia. “Penghargaan ini semakin mendorong dan menginspirasi kami untuk terus mendukung pemberdayaan ekonomi perempuan baik di tempat kerja dan komunitas. Hal ini juga menjadi bukti nyata akan langkah kami untuk berkontribusi menciptakan responsible beauty that moves Indonesia forward.”

“Menciptakan a great place to work bagi talenta-talenta terbaik Indonesia merupakan misi utama kami yang dapat dicapai dengan terciptanya gender-inclusive workplace. Selama bertahun-tahun, kami menerapkan berbagai program dan kebijakan untuk menciptakan ekosistem yang suportif bagi pekerja perempuan untuk mengembangkan karirnya. Langkah konkret dimulai dari proses rekrutmen yang setara, career management, training and development, mengurangi kesenjangan upah, hingga program kesejahteraan kami, Share and Care, yang dirancang untuk menciptakan lingkungan kerja yang saling menghormati perbedaan,” jelas Yenita Oktora, HR Director, L’Oréal Indonesia. “Hal tersebut membuat L’Oréal Indonesia dapat mencapai: 43% wanita dari total workforce kami, dimana 49% wanita berada pada key position dan 50% wanita pada level Management Committee.”

Melalui program Share and Care, perusahaan memberikan pengaturan kerja yang fleksibel untuk menjaga kesejahteraan karyawan baik perempuan dan laki-laki. Hal ini termasuk 16 minggu maternity leave, 6 minggu paternity leave, hingga pengadaan fasilitas daycare dan ruang menyusui.

Pencapaian L’Oréal Indonesia dalam mencapai kesetaraan gender juga telah ditinjau dengan The Gender Equality Assessment, Results and Strategies tool (GEARS) yang bertujuan memberikan penilaian akan kesetaraan gender di tempat kerja. Berdasarkan penilaian ini, perusahaan dinilai telah menangani kesetaraan gender secara komprehensif dengan pendekatan terpadu, dan mendapatkan nilai tertinggi dalam 5 fokus area yakni pelatihan kesetaraan gender dalam lingkungan kerja; manajemen dan program pengembangan potensi sumber daya manusia; rekrutmen, seleksi dan promosi; flexible work untuk menunjang performa; dan komposisi gender dalam tenaga kerja.

“Kami percaya bahwa gender equity memiliki peran esensial untuk mendorong kreativitas dan semangat inovasi, serta meningkatkan kinerja dan pertumbuhan perusahaan. Mari bersama-sama terus berperan dalam meningkatkan kemajuan untuk mencapai gender equality, meningkatkan jumlah perempuan yang memimpin!” tutup Yenita.(Rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *