SinergiRDS & HaliaLabs Meluncurkan TrustDocSolusiManajemen Kesehatan Berbasis Blockchain

Trenddjakarta.com, 08 Mei 2022 – Syntech Partner Integration (SMI) di bawah naungan RDS Group meluncurkan TrustDoc, solusi manajemen kesehatan berbasis blockchain. RDS, perusahaan terkemuka yang bergerak di bidang digitalisasi dokumen dan menyediakan layanan pengelolaan dokumen di Indonesia, kini bermitra dengan Halialabs, sebuah perusahaan teknologi berbasis blockchain Singapura.

Sinergi ini menghasilkan TrustDoc, yaitu solusi pertama dengan teknologi Meditech untuk pemantauan dan manajemen kesehatan berbasis blockchain jarak jauh. TrustDoc dapat memudahkan pengguna untuk memantau kesehatan mereka di rumah melalui perangkat pintar dengan bluetooth yang dikenakan (seperti jam tangan pintar, kacamata pintar, atau pelacak kebugaran) atau perangkat medis.

Menurut Randy Chandra, CEO RDS Group, pandemi COVID-19 telah membawa dunia untuk menemukan cara hidup baru, seperti bekerja dari rumah dan perawatan kesehatan yang dapat diakses dari rumah. Peralihan ke arah administrasi perawatan kesehatan jarak jauh ini didukung oleh beberapa perkembangan teknologi utama, khususnya WEB 3.0 dan blockchain. “TrustDoc memberikan pengalaman yang efisien dan akurat bagi pasien karena berbasis blockchain, menggantikan faktur dan salinan dalam bentuk cetak dengan setara dokumen digital yang dapat dipercaya. Pihak-pihak yang terlibat dalam proses klaim kesehatan pasien dapat menggunakan salinan dokumen digital dengan cepat tanpa perlu khawatir akan akurasi dan validitasnya,” jelas Randy Chandra dengan antusias tentang solusi manajemen kesehatan yang diminati pasien saat ini.

TrustDoc, yang diluncurkan pada April 2022 di Jakarta ini menggunakan teknologi blockchain Halialabs untuk meningkatkan pengalaman pasien dengan meminimalisir penggunaan faktur kertas, kwitansi, dan laporan medis dari proses klaim. Sebaliknya, proses klaim kesehatan akan memindahkan dan membagikan dokumen digital yang aman dengan kecepatan kilat, memangkas proses panjang yang sering dilalui pasien saat membayar tagihan perawatan. Data digital ini dapat dengan mudah diverifikasi sehingga perusahaan asuransi atau pengolah klaim dapat lebih efisien dalam hal waktu dibandingkan proses administrasi konvensional.

RDS memperkirakan peningkatan yang signifikan dalam pelayanan manajemen kesehatan dan menjangkau mitra ekosistem yang membutuhkan solusi ini. Seperti penyedia layanan kesehatan, perusahaan asuransi atau pengguna yang membutuhkan efisiensi ini dapat dengan mudah bergabung dengan komunitas pengguna TrustDoc tanpa merombak sistem teknologi informasi yang sudah terbentuk. Teknologi blockchain Halialabs memungkinkan mereka untuk membuat dokumen digital terpercaya mereka sendiri yang dapat diverifikasi oleh orang lain terlepas dari sistem teknologi informasi yang mereka pilih atau gunakan.

Tan Sian Lip, CEO Halialabs, mitra RDS Group untuk teknologi ini, percaya bahwa kunci untuk mendigitalkan ekosistem pembiayaan layanan kesehatan Indonesia adalah dengan mengadopsi pendekatan terdesentralisasi, yang memungkinkan para pemangku kepentingan untuk beroperasi secara aman sambil meminimalkan perubahan pada bisnis yang ada, sistem dan platform pengiriman pesan internal. Pendekatan semacam itu mampu mengatasi ketidakpercayaan mendasar terhadap dokumen digital yang secara bersamaan juga akan menciptakan standar format digital tanpa memaksakan perubahan pada sistem yang membuat, menyimpan, menukar, atau menggunakannya.

RDS TrustDoc menggunakan teknologi TruCopy Halialabs yang secara otomatis akan meningkatkan sistem dokumen yang ada bersama platform perpesanan internal yang tersedia dengan mempermudah dokumen itu dapat diverifikasi dan dapat dilacak; setiap salinan dokumen TruCopy dapat diverifikasi persis seperti replika dari dokumen asli dan jika diverifikasi dapat dilacak hingga kepada pihak yang membuat dokumen tersebut. Oleh karena itu, bisnis-bisnis yang sedang berjalan dapat bergerak dengan kecepatan digital dengan mengganti dokumen kertas dengan ekuivalen dokumen digital yang aman, tanpa harus merekayasa ulang bisnis mereka sebelumnya. Stempel elektronik partisipan value-chain pada dokumen TruCopy dapat menjadi catatan bersama yang transparan terkait dengan aktivitas mereka, misalnya penerimaan, persetujuan, penolakan atau pembatalan.

Selain itu, TruCopy mampu menghilangkan keraguan dalam pertukaran dokumen yang rahasia dan penggunaan kode rahasia, dimana ini biasanya mengarah pada praktik keamanan siber yang tidak aman seperti merekam kata sandi pada salinan di layar komputer, yang mempermudah pencurian kata sandi atau lupa kata sandi.

TrustDoc oleh RDS Group hadir untuk publik dan pelanggannya demi menikmati layanan kesehatan yang lebih baik, cepat dan akurat dengan memfasilitasi pengiriman mudah menggunakan dokumen digital pribadi yang dapat diverifikasi di seluruh ekosistem perawatan kesehatan dan asuransi kesehatan, tanpa mengubah sistem teknologi informasi yang sudah ada.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.