European Inventor Award 2022: Ilmuwan dan Dosen ITS Fahmi Mubarok Jadi Salah Satu Finalis

Trenddjakarta.com – Munich, 15 Juni 2022 – Finalis European Inventor Award 2022 akan berkumpul di Munich pada 21 Juni 2022 untuk pengumuman pemenang tahun ini dan untuk berbagi cerita tentang terobosan luar biasa mereka.

Inovasi-inovasi yang berhasil dinominasikan tahun ini mencakup berbagai bidang seperti penelitian mengenai kanker, energi terbarukan, inovasi iklim, industri
hijau, teknologi medis, dan manufaktur. Salah satu finalis tahun ini adalah ilmuwan dan dosen ITS Surabaya, Fahmi Mubarok ST., M.Sc., Ph.D yang dinominasikan atas penemuannya berupa pelapis keramik pelindung semprot yang dapat memperpanjang usia komponen yang digunakan pada mesin jet atau rem mobil.

Dengan format hibrid yang kali ini diterapkan untuk acara penghargaan prestisius ini, European Patent Office akan mengumumkan pemenang secara langsung di hadapan pemirsa dari seluruh dunia yang akan bergabung dalam prosesi online di inventoraward.org.

Prosesi ini akan merayakan kesuksesan para inventor di balik temuan mereka yang
membantu memecahkan beberapa masalah global terbesar saat ini. Temuan yang dikembangkan para finalis tahun ini meliputi kerangka buatan pertama di dunia untuk membantu anak-anak dengan masalah otot saraf, teknologi luar angkasa untuk meningkatkan kecanggihan prakiraan perubahan iklim, dan mesin mamografi terbaru yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang untuk bertahan dari kanker payudara. Juri akan memilih pemenang dalam kategori berikut: Industrial, Riset, UKM, dan Negara non-EPO.

Lifetime Achievement Award juga akan diberikan di acara tersebut kepada
penemu yang telah menjalani karir dan kisah hidup luar biasa, serta memberikan kontribusi luar biasa di bidangnya, bahkan telah menyelamatkan banyak nyawa. Selain itu, Popular Prize akan diberikan kepada penemu yang menerima suara terbanyak dari publik.

Suara Masyarakat Menentukan Pemenang Popular Prize Masyarakat Indonesia kini diajak memilih inventor favorit mereka dari 13 finalis tahun ini untuk memenangkan Hadiah Populer European Inventor Award 2022. Suara dapat diberikan secara daring – satu suara per hari – mulai sekarang hingga upacara pada 21 Juni di popular-prize.epo.org. Pemenang dengan suara publik terbanyak akan diumumkan pada saat
prosesi Penghargaan.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.