Indonesia Circular Economy Forum 2022 Mendukung Aksi Percepatan Solusi untuk Perubahan Iklim melalui Ekonomi Sirkular

Trenddjakarta.com – Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) di tahun 2021 menyebutkan bahwa Aktivitas manusia menjadi penyebab utama yang memicu terjadinya perubahan iklim, terutama mengenai bagaimana cara manusia memanfaatkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sejak masa pra Revolusi Industri, kegiatan kita telah menyebabkan kenaikan suhu bumi hingga 1,1° celsius. Hal ini menyebabkan peningkatan suhu yang ekstrim, tingginya curah hujan, serta kekeringan di lahan pertanian yang ada di Asia Tenggara. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, maka bumi kita akan mengalami kenaikan suhu yang diproyeksikan akan mencapai 1.5° celsius to 2° celcius di akhir abad ini. Kementerian Keuangan Republik Indonesia di tahun 2021 menyampaikan bahwa krisis ini turut mengancam kemajuan ekonomi dan penghidupan kita. Di 2021 sendiri, kita sudah mengalami kerugian tahunan mencapai 22,85 triliun karena bencana alam.

Pemerintah Indonesia sendiri telah meluncurkan sembilan aksi prioritas pembangunan nasional yang dituangkan melalui Nawacita, komitmen nasional menuju pembangunan rendah karbon dan berketahanan iklim, dengan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim sebagai salah satu prioritas yang terintegrasi dan lintas sektoral dalam agenda Pembangunan Nasional. Salah satu langkah yang digagas pemerintah Indonesia untuk dapat bergerak menuju ekonomi yang berkelanjutan secara lingkungan dan sosial adalah melalui Pembangunan Rendah Karbon. Ekonomi sirkular turut menjadi salah satu kegiatan prioritas yang mendukung pelaksanaan Pembangunan Rendah Karbon sebagai langkah Indonesia dalam melakukan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim saat ini.

Untuk itu, Indonesia Circular Economy Forum (ICEF) mengadakan forum tahunan dengan tema “Accelerating Climate Action Through Circular Economy”, sebagai upaya untuk menyebarkan gerakan ekonomi sirkular dengan mitigasi menuju pembangunan rendah karbon serta melalui aksi iklim. Forum ini diselenggarakan secara luring di Jakarta Convention Center, Senayan di tanggal 5-6 Oktober 2022 sebagai bagian dari kegiatan Indo Water, Indo Waste, Indo Renergy, dan Indonesia International Smart City 2022 Expo and Forum.

ICEF, sebuah program yang dinaungi oleh Greeneration Foundation, mempertemukan para pemangku kepentingan untuk mengidentifikasi tantangan, menghasilkan solusi, serta rekomendasi untuk pengimplementasian ekonomi sirkular di Indonesia. ICEF memiliki visi menjadi sebuah platform nasional ekonomi sirkular di Indonesia melalui forum tahunan, penyelenggara kegiatan, dan pusat pembelajaran.

Memasuki tahun kelima penyelenggaraannya, ICEF 2022 melibatkan 60 partner dari Indonesia dan dunia serta berbagai pembicara dari kalangan instansi pemerintah, bisnis, dan asosiasi. Kegiatan ICEF akan membahas terkait best practices, usaha, dan pengalaman mereka dalam pengimplementasian ekonomi sirkular di Indonesia serta dunia. Beberapa lembaga yang akan mengisi forum adalah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Perindustrian, Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Kedutaan Besar Denmark, UNDP Indonesia, United Nations Industrial Development Organization (UNIDO), Coca Cola Europacific Partners Indonesia, McKinsey & Company, Danone Indonesia, Global Green Growth Institute, dan ICLEI.

Pada tahun ini ICEF akan melaksanakan 3 sesi plenary dengan tema: “The Circular Economy for Indonesia’s Low Carbon Development” yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2022 dan “Driving Green Growth through Green Industry and Circular Economy” dan “Harnessing the Production Efficiency of Industry in Indonesia” yang akan dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2022 serta 3 sesi tematik bersama Kedutaan Besar Belanda dengan tema “Integrated Waste Management through NL Ecoparks”, IPRO dengan tema “Circularity in Action: IPRO’s Role in Driving Towards a Circular Economy of Packaging Materials”, dan sesi tematik bersama Coca Cola Indonesia, serta 1 side events “Climate Innovation League: Demo Day” bersama dengan Ecoxyztem. Kamu masih bisa bergabung dengan forum kami dengan membeli tiket on the spot langsung di Jakarta Convention Center, Senayan di tanggal 5-6 Oktober 2022. Yuk, datang dan jadi bagian dalam forum ekonomi sirkular terbesar di Indonesia.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.