Waspada Hosting Abal-Abal Bikin Website Tidak Optimal

Trenddjakarta.com, Niagahoster 5 Oktober 2022 – Website yang kurang optimal akan menimbulkan banyak gangguan pada bisnis, termasuk banyaknya waktu yang dihabiskan untuk melakukan perbaikan, hingga pada akhirnya akan mengecewakan pelanggan.

Bisnis online, baik dalam skala besar maupun kecil, dapat terdampak cukup besar ketika website yang mereka miliki tidak bekerja secara optimal. Sehingga, memiliki website yang baik bukan lagi sebuah pilihan, melainkan suatu keharusan.

Meski memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik, tidak sedikit pemilik bisnis yang tergiur dengan layanan web hosting yang menawarkan harga murah. Namun, layanan hosting murah tersebut biasanya tidak memiliki fitur yang mendukung.

Seperti yang pernah dialami oleh Hotama, sebuah web agency yang menangani banyak klien bisnis. Hotama sempat harus dihadapkan dengan masalah teknis dari penyedia layanan hosting murah.

“Server sering sekali maintenance, request time out juga terjadi berkali-kali, belum lagi loading yang super lambat,” ungkap Hajon Mahdy Mahmudin, CEO Hotama. Padahal sebagai web agency, Hotama harus menangani banyak klien dengan kebutuhan yang berbeda-beda.

Bahaya Salah Pilih Hosting Abal-Abal
Kesalahan memilih layanan hosting juga pernah dialami oleh website e-learning SIT Al Fatih. Awalnya, website e-learning mereka memang berjalan baik. Namun ketika website diakses bersamaan oleh 150 orang, kecepatan website seketika mengalami penurunan drastis yang tidak wajar.

Tidak hanya masalah kecepatan, website e-learning SIT Al Fatih juga pernah mengalami serangan hacker. Serangan siber merupakan hal yang membahayakan dan layanan web hosting harus memiliki fitur keamanan yang baik demi kenyamanan pengguna.

“Karena salah pilih hosting, kami bukan hanya sempat mengalami masalah kecepatan dan keamanan, tapi beberapa data juga sempat corrupt dan tidak bisa digunakan. Sehingga, proses pembelajaran jadi terganggu,” ujar Muhammad Syahrir, Humas SIT Al Fatih.

Tidak Cukup Hanya Bandwidth dan Storage
Saat ini, sudah tidak cukup lagi dengan hanya mempertimbangkan bandwidth dan storage saat menentukan layanan web hosting yang akan digunakan. Faktor yang tak kalah penting, seperti keandalan server, uptime, kecepatan, dan keamanan, juga menjadi hal yang harus diperhatikan.

Seperti dilansir dari blog Niagahoster, kecepatan dan keamanan website merupakan faktor dominan bagi Google dalam menentukan ranking website. Google akan menurunkan peringkat website yang aksesnya lambat dan tak segan-segan melarang bahkan tidak memberi akses pengguna untuk berkunjung ke website yang terindikasi tidak aman.

Selain itu, tidak jarang beberapa pemilik website memerlukan bantuan customer service dari penyedia layanan hosting yang digunakan karena pengetahuan mereka yang terbatas. Sayangnya, tidak semua perusahaan web hosting mampu menyediakan pelayanan yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.