Aktivasi Program Synchronize Fest 2022

Trenddjakarta.com, 6 Oktober 2022 – Hanya dalam kurun waktu kurang dari dua hari perayaan Synchronize Fest akan datang di hadapan kita semua pada tanggal 7, 8, 9 Oktober 2022. Synchronize Fest merupakan
festival musik multi-genre tahunan berskala nasional yang mengundang puluhan ribu audience untuk merayakan keberagaman jenis musik hidup di enam panggung selama tiga hari, tiga malam, menikmati suguhan 100-an pertunjukan terkurasi dari artis-artis terfavorit dan terbaik tanah air yang datang dari decade 60’an, ’70-an, ’80-an, ’90-an hingga 2000-an.

Sebagai panduan menikmati Synchronize Fest, berikut kami informasikan perihal panduan
kegiatan festival: Meet & Greet di toko demajors Para pengunjung Synchronize Fest nantinya dapat bercengkrama lebih dekat dan hangat dengan musisi idolanya di toko demajors yang terdapat di area festival. Momen ini akan menjadi spesial bagi siapapun yang ingin langsung berfoto dan mendapatkan tanda tangan dari musisi penampil, diantaranya adalah: Gugun Blues Shelter, Feast, Efek Rumah Kaca, David Bayu, Fourtwnty, Burgerkill, Sisitipsi, Navicula, Nadin Amizah, dan The Adams Bioskop Mini Synchronize X Kinosaurus Synchronize Fest berkolaborasi dengan Kinosaurus yang adalah sebuah kolektif ruang menonton film alternatif di Jakarta.

Kolaborasi dari keduanya adalah dengan menyajikan sebuah bioskop mini untuk tempat pemutaran film-film pendek dari sineas yang datang dari berbagai kota di Indonesia. Nantinya kita akan dapat menyaksikan ragam film pendek dari berbagai genre, mulai
dari: drama, komedi, hingga horor yang akan membuat siapapun yang menyaksikan film-film
tersebut akan mendapatkan pengalaman rasa yang berbeda-beda.

Pasar Musik
Synchronize Fest kembali menghadirkan area Record Market atau Pasar Musik yang akan diisi dengan lapak penjual rilisan fisik. Area ini menjadi sirkuit berkumpulnya para pegiat dan kolektor rilisan fisik. Tidak hanya menjadi area jual-beli piringan hitam, di area ini juga tersedia turntable
bagi para selektor piringan hitam untuk memutarkan lagu-lagu secara bebas di hadapan
pengunjung festival. Salah diantaranya para disjoki dan pelapak tersebut, ialah: Andi Twins, Rundiasix, Lala Records, Iqbal Djoha Fever Sound System, Udasjam, Okimsugab, Abadi Records, dan masih banyak lagi lainnya.

Pasar Kreatif
Di Pasar Kreatif Synchronize Fest nantinya akan diisi oleh ragam lapak dari merk lokal dan juga UMKM yang bergerak di ranah pakaian, produk kerajinan, produk fungsional dan kesenian buatan kreator Indonesia.

Kolaborasi Synchronize Fest X Sounds From The Corner Pada gelaran Synchronize Fest 2022 secara khusus bekerjasama dengan Sounds From The Corner (SFTC) untuk pertama kalinya akan mendokumentasikan penampilan musisi-musisi yang akan tampil di Gigs Stage. Proyek ini spesial, karena Gigs Stage tidak pernah diarsipkan dalam bentuk audio visual sebelumnya, dan SFTC sebagai kolektif musik selalu memfokuskan kurasi kepada artis-artis pendatang baru yang patut diberikan perhatian lebih.

Keterlibatan SFTC ini sekaligus dalam rangka merayakan satu dekade Sounds From the Corner
Semangat kolaborasi Synchronize Fest tidak berhenti di program festival, namun juga mengajak kolaborator lintas kreasi, diantaranya: Synchronize Fest X Ruru Shop
Synchronize Fest bekerjasama dengan Ruru Shop yang adalah entitas toko ritel dari Ruang Rupa yang yang mengangkat seniman-seniman lokal melalui produk merchandise.

Kolaborasi merchandise ini merupakan sebuah apresiasi bagi para musisi penampil Synchronize Fest dengan para seniman visual. Kesepuluh merchandise kolaborasi ini nantinya bisa didapatkan di booth
merchandise Synchronize Fest pada bulan Oktober 2022. 10 musisi dan 10 seniman tersebut, adalah:
● Spirit of Dara Puspita bersama Fleur! X Jayu Juli
● Payung Teduh X Pusakata X hairembulan
● Orkestra Nasida Ria bersama Tjut Nyak Deviana X Kuncir Sathya Viku
● Down For Life X Gondrong Gunarto X Bronzelani
● Erwin Gutawa & 3Diva X Mahaputra Vito
● Cokelat X Gandhi Eka
● Alam Mbah Dukun X Wirosatan
● OM New Pallapa X Yahya Dwi Kurniawan
● King Nassar X Icaldis

Kolaborasi merchandise Synchronize Fest X Kamengski, sebelum akhirnya kita menuju ke gelaran festival di bulan Oktober 2022, Synchronize Fest telah terlebih dulu bekerjasama dengan seniman sekaligus studio desain kreatif Kamengski. Secara khusus kamengski merespon desain visual utama Synchronize Fest 2022 dari Rakhmat Jaka.
Merchandise ini dijual dengan kuantitas terbatas dan eksklusif, serta dapat dibeli melalui website www.synchronizefestival.com.

Synchronize Fest X Lawless Burger Bar
Synchronize Fest dengan Lawless Burger Bar merilis menu makanan bernama “Burger
Synchronize”. Lawless Burger Bar sendiri merupakan gerai makanan aneka burger yang begitu lekat dengan kancah musik, hal ini direpresentasikan melalui menu burger dengan plesetan nama-nama grup band.

Terjalinnya kolaborasi dengan Synchronize Fest kali ini menciptakan burger cita rasa lidah lokal, yaitu perpaduan antara patty udang kaki putih yang tersedia berlimpah di perairan Indonesia dan digoreng tepung, serta dibalur dengan saus laksa dan saus
ranch . Menu “Burger Synchronize” ini dibanderol dengan harga Rp. 43.000 Dan dapat dipesan melalui aplikasi makanan online serta di seluruh outlet Lawless Burger Bar mulai tanggal 16 September – 16 Oktober 2022

Synchronize Fest X Vindes.id
Synchronize Fest berkolaborasi dengan media subkultur bernama Vindes.id untuk menyajikan
ruang karaoke yang akan disemarakan oleh beberapa bintang Synchronize Fest selama 3 hari. Diantaranya adalah: Ardhito Pramono, Salon RnB (RL Klav, Moneva, Gavendri), Orkes Nunung CS, Dustin Tiffani, Petra Sihombing, Sivia, Munhajat, Podcast GJLS, dan Sisitipsi

Di sisi lain, Synchronize Fest Synchronize Fest merayakan keberagaman jenis musik hidup di enam panggung selama tiga hari, tiga malam, menikmati suguhan 100-an pertunjukan terkurasi dari artis-artis terfavorit dan terbaik tanah air yang datang dari dekade ’60-an, ’70-an, ’80-an, ’90-an hingga 2000-an.

Pada Lake Stage, Synchronize Fest didukung penuh oleh Orang Tua Grup yang akan menurunkan ragam merk minuman beralkohol kebanggaan rakyat Indonesia seperti Anggur OrangTua, Singaraja, dan Prost Beer. Kerja sama yang terjalin dengan Orang Tua Grup berkelanjutan sedari tahun 2016 Synchronize Fest pertama kali terselenggara. Keduanya menjadi entitas yang tak terlepaskan dalam pergerakan industri di tanah air.
Sedangkan di District Stage, Synchronize Fest didukung oleh Teh Gelas yang tentunya akan meneduhkan haus dahaga pengunjung yang sedang berfestival.

Instalasi District Stage dibangun
set artistik yang menyerupai suasana di gedung-gedung pusat dengan tata lampu panggung yang eklektik serta instalasi visual garapan seniman mulai dan graffiti.
Di sisi lain, pada XYZ Stage Synchronize Fest didukung oleh VIBE Liqueurs & Spirits yang akan membawa persembahan minuman beralkohol karya anak bangsa dengan ragam varian rasa seperti Vibe Black Tea, Vibe Exotic Lychee, Vibe Sambuca, Vibe Tequila, sampai dengan Vibe Vodka Premium yang cocok untuk generasi muda dinamis dan kreatif.

Total terdapat 6 panggung dan ragam kemeriahanan pengalaman menikmati sajian musik yang berbeda-beda selama 3 hari festival GREEN MOVEMENT, sebuah acara yang diselenggarakan secara besar, tentu akan menghadirkan pengunjung yang besar pula. Pergerakan massa pengunjung yang besar memiliki potensi terhadap dampak
lingkungan yang tidak hanya timbunan sampah, tetapi juga penggunaan energi, kontribusi
terhadap polusi udara (penggunaan kendaran bermotor) serta dampak lingkungan lain yang
perlu disikapi dengan serius guna turut menjaga kelestarian kualitas ruang hidup kita bersama.

Atas kesadaran dampak lingkungan ini, Synchronize Festival melanjutkan inisiatif kampanye gerakan peduli sosial dan lingkungannya atas dampak pelaksanaan festival melalui #GreenMovement. Gerakan ini turut meliputi partisipasi seluruh pihak yang terlibat di acara, mulai dari penyelenggara, pihak sponsorship, pihak vendor, sampai dengan seluruh pengunjung
yang hadir di Synchronize Fest. Harapannya, langkah kecil ini dapat berdampak baik dan besar bila dilakukan bersama-sama.

Adapun pilar Green Movement Synchronize Fest, ialah:
1. Internal Change Behaviour
● Mengurangi dengan signifikan penggunaan kemasan sekali pakai untuk makanan
dan minuman bagi seluruh tim panitia.
● Mengkampanyekan gerakan pengurangan kemasan plastik sekali pakai kepada
seluruh partisipan festival
2. Waste Management
● Menerapkan Less Waste Event.
● Menyediakan wadah sampah terpilah pada festival.
● Membuka ruang kerjasama komunitas yang bisa memanfaatkan barang bekas
pakai dari seluruh lini promosi festival seperti umbul-umbul dan baliho menjadi
produk dengan nilai tambah.
● Mengolah sampah organik yang dihasilkan dari festival menjadi kompos.
● Membuka Synchronize Recycle Station, dimana pengunjung bisa terlibat aktif
dalam mengelola sampahnya selama festival berlangsung.
3. Bring Your Own Tumbler
● Seluruh jajaran tim panitia, penampil, dan pekerja pelaksana diwajibkan membawa tumbler.
● Menyediakan water station bagi panitia dan pengunjung.
4. Bike to Synchronize Fest
● Mengundang pengunjung festival untuk menggunakan sepeda atau transportasi
publik ketika hadir menuju lokasi festival.
● Menyediakan fasilitas lokasi parkir sepeda yang aman, layak dan nyaman bagi
pesepeda yang hadir ke festival. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *