Persiapan Uji Kompetensi Nasional Bagi Tenaga Kesehatan, Optimal Menyelenggarakan Pelatihan Bagi Ratusan Dosen di Jakarta

Trenddjakarta.com, Jakarta, Optimal by PT Nuansa Fajar Cemerlang, menyelenggarakan Pelatihan ”Persiapan Dosen dalam Melakukan Evaluasi Capaian Pembelajaran Mahasiswa dengan Metode OSCE (Objective Structured Clinical Examination).” Pelatihan ini diselenggarakan di Grand Tjokro Hotel Jakarta (27/9) lalu yang dihadiri oleh ratusan dosen perawat dari berbagai daerah di Indonesia.

Pelatihan diselenggarakan secara hybrid dengan narasumber Dr. Dhiana Setyorini, M.Kep., Sp.Mat (daring) dan Dr. Irna Nursanti, M.Kep., Sp.Mat (luring). ”OSCE ini akan digunakan sebagai alat evaluasi standart lulusan keperawatan untuk menguji keterampilan klinik, ujar Irna Nursanti.”

Optimal adalah sebuah lembaga yang memfasilitasi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen kebidanan dan keperawatan di seluruh Indonesia. Saat ini telah terhimpun lebih dari 1000 dosen yang siap mendapatkan wadah untuk saling bertukar ilmu dan informasi kesehatan. Selaku ketua panitia, Mas Koko mengatakan, Optimal bukanlah lembaga penguji, kami hanya membantu proses sosialisasi dan menjadi tempat berbagi issue nasional. Artinya, kami siap melakukan kolaboraksi dengan pihak manapun, untuk kemajuan bangsa.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Optimal – Rizky Al Gibran (22 tahun) berharap, dengan terselenggaranya kegiatan ini, ilmu dan informasi yang diterima dapat diteruskan ke institusi pendidikan masing-masing. Sehingga, kampus menjadi lebih siap dalam menghadapi uji kompetensi di tingkat nasional pada tahun yang akan datang. Gibran juga menambahkan, bahwa kegiatan pelatihan ini 100% gratis.

Peserta pelatihan dibuat menjadi beberapa kelompok pakar keilmuan, sesuai dengan kebutuhan dasar hidup manusia, mereka dilatih untuk menyusun soal dan melakukan pemaparan didepan podium. Tiap-tiap kelompok maju secara bergantian, untuk saling koreksi, sehingga peserta diharapkan benar-benar paham dengan metode penyusunan soal OSCE.

Disela kegiatan, Optimal juga memberikan plakat dan sertifikat penghargaan, bagi dosen berprestasi tingkat nasional, atas dedikasi dan sumbangsihnya pada negeri ini melalui lembaga kami, ucap Gibran.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *