Perkosmi Persembahkan Indonesia Cosmetics Ingredients (ICI) 2022 bagi Pecinta Kosmetik Indonesia

Trenddjakarta.com, Jakarta, 25 Oktober 2022 – Industri kecantikan kini telah menjadi salah satu industri yang semakin menjanjikan. Pasar kosmetik (Beauty dan Personal Care) di Indonesia telah berkembang pesat (pra-pandemi) seiring dengan membaiknya perekonomian negara dan meningkatnya GDP per kapita. Pasar Beauty dan Personal Care di Indonesia bernilai USD 6,3 miliar (lebih dari Rp 91,6 triliun) pada tahun 2021 dan diperkirakan akan tumbuh pesat pada tahun 2022 seiring meredanya efek pandemi. Selain itu Badan Pengawas Obat & Makanan (BPOM) juga mencatat kosmetika sebagai kategori produk yang mendapatkan ijin edar terbanyak di Indonesia dalam 5 tahun terakhir, yaitu sebanyak 411.410 produk baru.

Kosmetika semakin mendapatkan hati di konsumen tanah air dan tentunya kualitas produk yang aman, baik dan juga inovatif harus semakin diperhatikan. Bahan baku yang tepat dan berkualitas menjadi bagian terpenting untuk mencapai hal tersebut. Itulah mengapa Perkosmi (Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia, Asosiasi Kosmetik di Indonesia) kembali mengadakan acara Indonesia Cosmetics Ingredients (ICI), Expo, and Seminar pada tahun 2022 ini.

“Sudah 45 tahun PERKOSMI di Indonesia terlibat aktif dalam memajukan industri kosmetika tanah air baik skala usaha kecil hingga skala besar nasional maupun multinasional, bertindak sebagai suara dari industri kosmetika Indonesia, mewakili beragam perusahaan yang terlibat dalam pembuatan, pemasokan, dan penjualan produk kosmetika dan perawatan pribadi. Dengan kosmetika produksi lokal semakin mendapatkan tempat di hati konsumen tanah air, PERKOSMI juga akan terus mendorong lahirnya kebijakan strategis dan mengadvokasi perbaikan kebijakan demi lingkungan bisnis yang lebih baik dan menguntungkan. Itulah mengapa PERKOSMI terus secara konsisten mengadakan Indonesia Cosmetics Ingredients (ICI) sejak tahun 2006 hingga sekarang,” ujar Sancoyo Antarikso, Ketua Umum Perkosmi.

Indonesia Cosmetics Ingredients adalah acara pameran & ajang promosi bagi para pemasok lokal dan global untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan bahan baku, kemasan, produk, peralatan laboratorium dan mesin mutakhir serta trend dan teknologi terkini yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kosmetik kepada kalangan industri kosmetika di Indonesia dan di negara ASEAN. Setelah sempat tertunda selama 2 tahun, ICI tahun ini digelar kembali pada 25 – 27 Oktober 2022 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat dengan tema “Raih Pasar Kosmetik Dengan Trend & Teknologi Terkini”.

“Mempersiapkan produk yang aman digunakan oleh konsumen adalah tanggung jawab kita semua. Dengan semakin pesatnya perkembangan industri kosmetika, BPOM percaya bahwa kemajuan tersebut hanya dapat berkembang secara konsisten apabila seluruh pelaku industri dapat mengikuti perkembangan trend dan teknologi terbaru sehingga dapat meningkatkan kualitas produk kosmetik yang mampu berdaya saing namun tetap mengedepankan aspek keamanan, kemanfaatan dan mutu kosmetik. BPOM mendukung penuh kegiatan ICI 2022 agar terus bisa memberikan manfaat dan bergerak bersama-sama untuk memberikan produk yang terbaik bagi konsumen Indonesia,” ujar Dra. Reri Indriani, Apt., M.Si., Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan POM.

“Tahun ini, Perkosmi dengan bangga kembali mengadakan ICI yang ke 11 kalinya di Indonesia. Kami senang sekali bisa kembali hadir untuk semakin meningkatkan industri kecantikan di Indonesia, tidak hanya bagi konsumen, tetapi juga untuk produsen, distributor, dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat didalamnya. ICI 2022 kali ini adalah ICI terbesar yang pernah kami selenggarakan, diikuti oleh 93 perusahaan, dengan jumlah total stand mencapai 402 stand, terdiri dari 344 Stand Pameran, 44 Stand Finished Goods, 14 stand Instansi Pemerintah dan Universitas. Selain itu ada juga 26 pembicara seminar dari Indonesia dan mancanegara, dengan target pengunjung acara ini adalah 5000 orang. Tentunya skala ini jauh lebih besar dari tahun lalu dan bahkan jumlah stand meningkat sebanyak 31% dari total pada tahun 2018. Semoga ini menjadi pertanda baik bahwa industri kecantikan akan terus maju kedepannya,” ujar Rustam Suleman, Ketua Pelaksana ICI 2022.

Sesuai dengan temanya, ICI tahun ini juga punya kegiatan menarik yaitu dengan adanya Zona Inovasi yang menampilkan produk kosmetik lokal, bahan baku lokal dan bahan baku yang telah diekspor ke luar negeri dan juga Lab Formulasi yang disediakan untuk beberapa supplier bahan baku sebagai sarana untuk mendemonstrasikan secara langsung formulasi kosmetik kepada pengunjung pameran.

“Melalui acara ini PERKOSMI berharap agar semangat untuk industri kecantikan terus meningkat dan memastikan para konsumen Indonesia bisa mendapatkan produk terbaik di Indonesia, dan tentunya siap untuk fight back agar bisnis bisa kembali bergeliat setelah pandemi Covid-19,” tutup Sancoyo.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.