Tepat Hari Sumpah Pemuda, Majalah FOKAL Terbit Perdana

Trenddjakarta.com, Jakarta, Media cetak masih mampu mempertahankan pembacanya di tengah-tengah pergeseran minat baca dari cetak ke digital. Salah satu media cetak yang masih eksis hingga kini adalah majalah.

Menurut survei Nielsen Consumer & Media View (CMV) pada tahun 2017, yang dilakukan di 11 kota dan mewawancara 17.000 responden di tanah air, saat ini media cetak (termasuk koran, majalah dan tabloid) memiliki penetrasi sebesar 8 persen dan dibaca oleh 4,5 juta orang.

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Jumat (28/10/2022), Majalah FOKAL terbit perdana. Majalah FOKAL merupakan media komunitas yang memiliki tujuan memperkuat jalinan silaturahmi antaralumni, memperluas jejaring, sekaligus menyuarakan eksistensi FOKAL kepada khalayak umum.

“Secara konsep, Majalah FOKAL menyajikan tulisan feature profil alumni baik senior hingga generasi milenial yang memiliki prestasi, rekam jejak apik, serta telah berkiprah di tengah-tengah masyarakat. Lewat sajian feature profil tersebut diharapkan para alumni luar negeri bisa mengenal satu dengan yang lain sehingga dapat berlanjut dengan agenda konkret seperti kerja sama bisnis hingga pengabdian untuk masyarakat,” tutur Nia Yuniati Rana, Pemimpin Umum Majalah FOKAL.

Menurutnya, sebagai media cetak, Majalah FOKAL, memberikan ulasan berita secara lengkap dari berbagai sudut pandang dan mewawancarai lebih dari satu narasumber yang memiliki kredibilitas. Majalah FOKAL juga mengedepankan desain layout dan gambar dibuat dengan menarik yang disesuaikan dengan pembacanya. Dengan desain yang menarik akan memberi daya tarik tersendiri bagi para pembacanya.

“Majalah FOKAL hadir tak saja menautkan dan memperkokoh ikatan silaturahmi antaralumni, majalah ini menyajikan Jurnalisme Positif. Maksudnya, Majalah FOKAL menyajikan sisi positif sosok atau figur alumni dan kiprahnya di masyarakat serta kegiatan komunitas Forum Komunikasi Alumni Luar Negeri (FOKAL),” tutur Nia.

Dalam kegiatan ini, Majalah FOKAL berkolaborasi dengan PT. Samuel Aset Manajemen (SAM), salah satu perusahaan Manajer investasi terkemuka di Indonesia.

Manajer Investasi merupakan lembaga profesional yang bertugas untuk mengelola dana, yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

PT. SAM telah 25 tahun memiliki keahlian dan pengalaman mengelola dana investor. SAM menyediakan rangkaian lengkap produk reksa dana yang dapat diakses melalui aplikasi online ReksadanaSAM, yang tersedia untuk smartphone berbasis IOS maupun Android.

“Tak lupa kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya PT. SAM yang telah memberikan dukungan luas pada kami sehingga acara launching Majalah FOKAL pada hari ini bisa terlaksana,” kata Nia.

Wanita yang pernah menetap dan mengenyam pendidikan selama empat tahun di London, Inggris, ini mengungkapkan bahwa Majalah FOKAL menawarkan sajian artikel yang informatif, bernas, dengan gaya penulisan yang tidak membuat dahi berkerut, disertai sajian visual dan foto-foto yang menarik sehingga bisa mencerahkan para pembacanya.

Selain dibuat dalam format media cetak, Majalah FOKAL juga dirilis dengan format digital atau e-magazine. Dalam waktu dekat, Majalah FOKAL juga siap merilis media online yang merupakan portal berita yang memuat berita peristiwa atau event, tokoh, dan kiprah para anggota FOKAL. Isinya jelas akan berbeda dengan apa yang disajikan Majalah FOKAL.

“Ke depan, harapan kami, Majalah FOKAL menjadi majalah komunitas berkelas, informatif, dan berkelanjutan dengan dukungan segenap alumni luar negeri,” pungkas Nia.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.