Gresik Menjadi Tuan Rumah Event WordCamp Indonesia 2022

Trenddjakarta.com, Niagahoster, 3 November 2022 – Event berkumpulnya para pecinta WordPress, WordCamp Gresik 2022, akan diselenggarakan pada 9-10 November 2022 di Aston Inn, Gresik. Event yang sebelumnya memiliki nama WordCamp Indonesia tersebut sempat vakum selama 2 tahun karena terhalang oleh pandemi. Sehingga, antusias peserta WordCamp tahun ini pun terbilang luar biasa. Dari target 350 peserta, saat ini kuota sudah terpenuhi sebanyak 85%.

Event WordCamp merupakan pertemuan komunitas WordPress dalam skala nasional yang juga diadakan di beberapa negara lain di dunia. Dengan pemilihan Kota Gresik sebagai lokasi WordCamp Indonesia tahun ini, harapannya peserta dari luar negeri akan tertarik untuk hadir karena budaya dan tempat wisata yang masih baru bagi mereka.

“Targetnya, setelah WordCamp Kathmandu, Nepal, peserta dari luar negeri akan tertarik untuk datang ke Indonesia juga. Kami mencoba menarik perhatian mereka dengan mengadakannya di Gresik yang masih jarang dieksplorasi wisatawan asing,” jelas Lead Organizer WordCamp Gresik 2022, Sinar Hadi Wijaya, dalam wawancaranya dengan Niagahoster.

Event WordCamp Gresik 2022 tidak hanya menjangkau komunitas WordPress lokal dan global, melainkan juga komunitas lain. Seperti PHP ID, atau komunitas Javascript di setiap kota. “Karena WordCamp Gresik 2022 akan dihadiri oleh 15 pembicara lokal dan internasional dengan pembahasan yang beragam, jadi berbagai komunitas lain juga bisa datang,” lanjutnya.

Menjadi Wadah Interaksi Pecinta WordPress
WordCamp Gresik 2022 diperkirakan akan didominasi oleh para web developer maupun yang baru mengenal WordPress dan ingin mengetahui lebih banyak. Uniknya, ujar Hadi, saat ini data menunjukkan 23% pendaftar merupakan new user. Tidak sedikit juga kontributor WordPress dan agency serta perusahaan yang berpartisipasi.

Hadi menambahkan, selama kekosongan event WordCamp saat pandemi, komunitas WordPress juga secara rutin mengadakan event online dan reaktivasi WordPress Meetup di setiap kota di Indonesia. Serta mengadakan event webinar dengan berbagai tema, hingga podcast, agar komunitas WordPress di Indonesia tetap aktif dan bisa saling terhubung.

“Dengan diadakannya kembali WordCamp, kita akan mempertemukan komunitas WordPress dan komunitas-komunitas IT lain dengan cakupan yang lebih luas. Sehingga, para peserta bisa memiliki koneksi lebih banyak. Tidak hanya menjalin relasi dengan pecinta dan pegiat WordPress dari Indonesia, tapi juga dari negara lain. Serta tidak terbatas pada relasi pertemanan saja, namun juga pekerjaan, bisnis, dan lainnya,” kata Hadi.

Yang paling penting, lanjutnya, tentunya adalah mendapat insight dan informasi secara langsung dari narasumber yang ahli di bidangnya. Beberapa pembicara juga akan membawakan pembahasan yang lebih teknis dan amat bermanfaat dalam dunia WordPress. “Sehingga sangat sayang untuk dilewatkan,” ujarnya.

Dukungan dari Niagahoster untuk Komunitas WordPress
Sebagai perusahaan penyedia layanan web hosting yang memiliki misi untuk membantu jutaan orang memanfaatkan potensi internet, Niagahoster juga selalu berusaha untuk hadir secara langsung dan mendukung serta berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan komunitas WordPress.

Antara lain adalah dengan menjadi Gold Sponsor dalam WordCamp Gresik 2022, dan menginisiasi Road to WordCamp Gresik with Niagahoster pada Agustus 2022. Hal tersebut merupakan bentuk kontribusi Niagahoster terhadap komunitas WordPress Indonesia dan Global, terutama dalam mendukung kesuksesan online masyarakat melalui platform website.

“Niagahoster menyadari WordPress merupakan CMS dengan pengguna terbesar di Indonesia. 82% pelanggan Niagahoster juga menggunakan WordPress. Sehingga, hampir seluruh produk Niagahoster juga didesain untuk mendukung pengguna WordPress sehingga websitenya bisa bekerja secara optimal,” jelas Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Niagahoster.

Bentuk lain kontribusi Niagahoster pada komunitas WordPress adalah dengan meluncurkan maskot komunitas WordPress versi Niagahoster pada September 2022, dengan nama Wapuu Ranger. Tentunya, Wapuu Ranger dan Niagahoster juga akan hadir di WordCamp Gresik pada 9-10 November 2022.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.