Optimalisasi Fungsi Sentra Gakkumdu Dalam Penanganan Tindak Pidana Pemilu Kepada Partai Politik Tingkat Kota

Trenddjakarta.com – Jakarta, Dalam rangka menghadapi pelaksanaan tahapan pemilu serentak tahun 2024 yang tengah dilaksanakan, Bawaslu Kota Jakarta Timur mengadakan Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu dengan tema “Optimalisasi Konsolidasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu dalam Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024” pada kamis 24 November 2022.

Agenda ini dihadiri oleh unsur
Polres Metro Jakarta Timur dan  Kejaksaan Negeri Jakarta Timur yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu Kota Jakarta Timur, serta hadir peserta perwakilan DPC Partai politik calon peserta pemilu di wilayah Jakarta Timur.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Koordinator Sentra Gakkumdu Jakarta Timur Bapak Ahmad Syarifudin Fajar mengatakan bahwa tujuan agenda ini adalah untuk membangun kesepemahaman terhadap penegakan tindak pidana pemilu baik secara formil atau maupun materil dalam pemenuhan unsur-unsurnya dan menjadikan Sentra Gakkumdu sebagai wadah untuk menciptakan pemilu yang berintegritas dan demokratis.

Kemudian Ketua Bawaslu Kota Jakarta Timur Bapak Sakhroji dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa terdapat beberapa pelanggaran pemilu antara lain Pelanggaran Kode Etik, Pelanggaran Administrasi Pemilu, Tindak Pidana Pemilu dan Pelanggaran lainnya terkait Netralitas ASN, TNI dan Polri.

Berdasarkan Amanat UU No.7 Tahun 2017 Pasal 467, bahwa Sentra Gakkumdu dibentuk khusus untuk penanganan tindak pidana pemilu dalam tahapan pelaksanaan pemilu dan semua laporan mengenai tindak pidana pemilu harus disampaikan melalui pintu Bawaslu.

Agenda ini juga dilaksanakan untuk menandakan secara simbolis bahwa Sentra Gakkumdu Jakarta Timur telah siap untuk menjalankan tugas dan kewajiban yang diberikan oleh peraturan perundang-undangan untuk menegakkan tindak pidana pemilu.

Pemahaman terhadap penanganan tindak pidana pemilu termasuk pemahaman penyelesaian pelanggaran administrasi juga harus disampaikan kepada Partai politik, sebagai kontestan dalam pemilu. Silahkan Partai politik bisa datang ke kantor Bawaslu Kota Jakarta Timur, Kami terbuka jika ada Partai politik akan melakukan konsultasi dan Koordinasi mengenai aturan aturan kepemiluan dan pengawasan,

Hadir Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Polisi Bapak Budi Sartono, SH, SIK, M.Han yang memberikan sambutan pembukaan serta Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Timur Bapak Ardito Mawardi, SH, MH, mengisi materi dalam acara tersebut.

Pada acara tersebut hadir Bapak Irwan Supriadi Rambe, Pimpinan Bawaslu DKI Jakarta sebagai Korwil Kota Jakarta Timur, memberikan sambutan dan pembukaan. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa paradigma Bawaslu dalam tugas pengawasan  adalah mendahulukan pencegahan, namun jika sudah dilakukan pencegahan tidak mengindahkan juga, maka akan ada langkah penindakan.

Dalam proses penindakan pelanggaraan Bawaslu Kota diseluruh DKI Jakarta, telah membentuk adanya Sentra Gakkumdu, yang khusus dalam  penanganan tindak pidana pemilu. Sehingga kita semua termasuk partai politik harus bisa menahan diri untuk melakukan kegiatan yang tidak diatur oleh KPU yang menjurus kepada tindak pidana pemilu.

Setelah penetapan partai politik akan ada waktu yang cukup panjang untuk menuju tahapan kampanye, KPU juga sampai saat ini belum mengeluarkan aturan pasca ditetapkannya partai politik sebagai peserta pemilu. Untuk kepastian hukum kita menunggu KPU menerbitkan aturan tersebut agar kegiatan partai politik dapat terarah dan tahapan pelaksanaan pemilu berjalan dengan baik.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *