Sejumlah Perusahaan BUMN, BUMD dan Swasta Meraih Penghargaan Human Capital & Performance Award 2022

Trenddjakarta.com, Jakarta, 30 November 2022 – Dinilai telah implementasikan anjuran Presiden Jokowi untuk terus menerapkan transformasi perusahaan di sisi Human Capital yang diintegrasikan dengan transformasi digital, sebanyak 28 BUMN, 2 BUMD, dan 6 Swasta ini mendapatkan penghargaan di ajang Penganugerahan bergengsi Human Capital & Performance Award 2022 yang diadakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia bekerjasama Forum Human Capital Indonesia (FHCI), CEO Forum, Fortege Claude Technology, Digital Tranformation & Innovation Institute dan MB Solition.

Pada sebelumnya, BusinessNews Indonesia sudah pernah mengadakan Corporate Rating (Award) IHCS (Indonesia Human Capital) dari tahun 2015, 2016, 2017 hingga tahun 2021, ini merupakan penyempurnaan dari IHCS Award. Acara Awarding bergengsi yang mengangkat tema “Human Capital Digital Transformation for Corporate Excellence” ini bertempat di The Westin Hotel Jakarta, pada Rabu (30/11/2022).

Berdasarkan analisis para pakar dan profesional di bidang Human Capital, ICT, Riset & Inovasi yang menjadi Dewan Juri Human Capital & Performance Award 2022 dalam proses penjurian, bahwa perusahaan-perusahaan tersebut dinilai telah mengimplementasikan Human Capital, inovasi serta mengintegrasikan dengan tranformasi digital dalam melakukan Transformasi Bisnis yang dijalankan perusahaan sehingga dapat bertahan dan memberikan pelayanan yang prima untuk customer di seluruh Indonesia.

Ketua Penyelenggara Human Capital & Performance Award 2022 Irnanda Laksanawan Ph.D, menjelaskan bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Human Capital dengan tujuan untuk mengidentifikasikan faktor-faktor penentu kesuksesan transformasi human capital serta mengukur dan menilai kinerja sekaligus keefektivitasan Strategi Human Capital agar semakin unggul, profesional, kompetitif, akuntabel dan menjadi penyeimbangan daya saing sebagai negara di pasar domestik maupun internasional.

“Award ini juga bertujuan mendorong prestasi dan kinerja perusahaan BUMN, anak usaha afiliasi, BUMD, Swasta Nasional untuk melakukan transformasi digital dalam pengembangan, pengelolaan, pembelajaran serta inovasi guna menciptakan talenta yang profesional dan berkualitas global, dalam menjalankan bisnis perusahaan”. kata Irnanda.

Beliau juga menjelaskan, bahwa penyelenggaraan Awarding kali ini menjadi tantangan tersendiri, sekaligus membuktikan kepada kita semuanya apakah perseroan-perseroan tersebut tetap survive dalam menjalankan bisnis dan pelayanannya kepada masyarakat atau tidak. Pelayanan yang dimaksud adalah sesuai dengan Visi & Misi Perusahaan, khususnya di era new normal ini setelah dunia dilanda pandemi Covid-19 yang berdampak pada semua level masyarakat dan lini bisnis.

Ketua Dewan Juri Priyantono Rudito Ph.D menjelaskan, bahwa proses penjurian Human Capital & Performance Award 2022 ini mendapatkan pembelajaran yang sangat berharga (lesson learnt) bagi pengembangan berbagai ekosistem industri di Indonesia dalam mencapai pertumbuhan yang sustainable di era digital. Di antaranya adalah Strategi Human Capital, Inovasi dan Transformasi Digital dan terbentuknya Digital Leadership dalam menghadapi 3 tantangan besar (secure, survive dan sustain) di era Digital ini.

Beliau menambahkan, bahwa hal ini dilakukan dengan cara membangun DNA terbarukan (Self Renewable DNA) melalui dua hal yang sulit dilakukan dalam waktu bersamaan, yaitu memastikan terjaganya kinerja core business dan memimpin manajemen perubahan (change management) yang cukup keras dalam program transformasi digital.

“Oleh karena itu penting untuk dijadikan pembelajaran bersama bahwa pembentukan DNA terbarukan tersebut ditempuh dengan melakukan perubahan mendasar dari pendekatan bisnis, yaitu shifting dari current business practice ke next business practice dari waktu ke waktu dalam waktu yang relatif lebih singkat”, tegas Priyantono.

Sementara itu Chairman of Steering Committee Assoc.Prof Ir. Haryono Soeparno, MSc, PhD mengatakan Human Capital and Digital Transformation Award 2022 ini dimaksudkan untuk menginspirasi para pemimpin perusahaan pada setiap level, membangun kapasitas kepemimpinan perusahaan, menumbuhkan sumber daya manusia mereka dengan berinvestasi pada karyawan, proses, dan budaya perusahaan di Era Business Intelligence. Visi dari Human Capital Award 2022 ini akan mengubah potensi karyawan yang tidak terbatas menjadi sumber daya manusia strategis, melalui dukungan teknologi digital dan Business Intelligence, sehingga mendorong produktivitas, inovasi, dan pertumbuhan seluruh bisnis di tanah air.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya diberikan kepada para peserta Human Capital and Digital Transformation Awards 2022 ini, karena telah menampilkan pemikiran dan karyanya melalui paparan strategi yang sangat impresif, selama penjurian; Impresif, karena mampu menghadapai tantangan kompetisi bisnis yang luar biasa, dengan berkreasi, berinovasi, berkolaborasi memberikan solusi. Semoga dapat terus membangkitkan, memacu kemajuan Human Capital Indonesia, di Era Business Intelligence, dan mengungkit keberhasilan kita mencapai pertumbuhan ekonomi yang signifikan dan berkelanjutan,” Ungkapnya.

Human Capital & Performance Award 2022 ini diikuti oleh sekitar 400 perusahaan BUMN, BUMD, dan Swasta yang menjadi nominasi. Dewan juri bersama tim penyelanggara telah menyaring, menyeleksi, mengevaluasi kinerja maupun Human Capital and Performance dari perusahaan-perusahaan tersebut. Dan hanya sekitar 40 perusahaan yang memenuhi syarat yang diundang untuk memberikan presentasi maupun wawancaranya. Kemudian sebanyak 36 perusahaan BUMN, BUMD dan Swasta yang terpilih oleh dewan juri sebagai pemenang.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *