Ikon Baru di Kota Hujan

Trenddjakarta.com – Bogor, Kota Bogor memiliki ikon baru yaitu Alun-alun Bogor yang diresmikan pada 17 Desember 2021 lalu. Alun-alun Bogor ini dulunya merupakan Taman Topi yang namanya cukup melegenda. Berlokasikan di Jalan Kapten Muslihat dan persis di samping Stasiun Bogor.

Sama seperti alun-alun kota lainnya, Alun-alun Bogor ini juga menjadi tempat favorit khusus warga Bogor untuk menghabiskan waktu senggang. Tanpa terkecuali dari luar wilayah Bogor, seperti Jakarta, Depok, dan Tangerang tempat ini juga di datangi. Khususnya bagi warga yang aksesnya dilalui jalur kereta api.

Selain itu di Alun-alun Bogor, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan menyenangkan, yang pastinya murah dan terjangkau serta ramah bagi anak-anak.

Mengutip laman resmi Pemkot Bogor, Alun-alun ini terdiri dari empat zona. Zona Botani untuk relaksasi, Zona Olahraga untuk rekreasi dan olahraga, Zona Plaza untuk kegiatan edukasi atau kesenian, dan Zona Religi yang terintegrasi dengan Masjid Agung.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Alun-alun Bogor antara lain;

● Rekreasi
Berkunjung bersama keluarga atau teman bisa dilakukan dengan rekreasi di taman yang hijau sembari menghirup udara segar. Selain banyak pepohonan yang bisa membuat kita rileks serta fresh ada juga area pejalan kaki untuk pengunjung yang ingin jalan-jalan santai sembari menikmati udara yang segar kita bisa ngobrol sambil duduk-duduk di area taman.

● Olahraga Ringan
Alun-alun Kota Bogor menyediakan ffasilitas berupa jogging track, alat fitness outdoor, dan wahana permainan anak. Jadi, bagi yang membawa anak kecil juga ini jadi rekomendasi tepat untuk mereka bermain.

● Mengikuti Kegiatan Seni dan Edukasi
Alun-alun Bogor juga dilengkapi fasilitas berupa amphitheater atau plaza terbuka untuk pertunjukan seni dan diorama perjuangan. Sebelum Alun-alun Bogor dulunya Taman Topi pun menyediakan fasilitas tersebut guna yang ingin menyaksikan pertunjukan seni maupun bertemu komunitas, jadi fasilitas tersebut tetap disediakan dengan izin pengelola.

● Berkunjung ke Masjid Agung dan Stasiun Kereta Api
Masjid Agung Kota Bogor sendiri dirancang untuk menjadi bagian Zona Religi dengan adanya Taman Asmaul Husna. Selain itu, alun-alun menjadi istimewa karena memiliki latar belakang bangunan Stasiun Kota Bogor. Walaupun sudah cukup tua, bangunan ini sangat unik dan berkarakter dan bisa dijadikan spot untuk berfoto.

● Kulineran
Berkulineran di sekitaran Alun-alun Bogor khususnya mulai dari stasiun kereta hingga ke arah jembatan merah sangat beragam dan bervariasi, seperti di antaranya doclang, bakso, kupat tahu, sate, dan masih banyak lainnya.

● Belanja di Pasar
Selain kulineran, kamu bisa berbelanja di pasar sekitar Alun-alun Kota Bogor, seperti Pasar Kebon Kembang Blok F.

● Mencari Informasi Seputar Wisata Bogor
Bagi yang hendak berwisata di Kota Bogor, mereka bisa mendatangi gedung TIC atau Tourist Information Center) di alun-alun. Di sana, wisatawan bisa mendapat layanan informasi, khususnya terkait dengan pariwisata Kota Bogor.

Semoga Alun-alun Bogor ini bisa menjadi alternatif sebagai destinasi wisata pilihan, tentunya jadi tempat yang layak dan ramah bagi anak, ujar Rinayah selaku pengunjung.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *