Ajang“CARIpreneur” Bukti Nyata dalam Memajukan UMKM Indonesia

Trenddjakarta.com, Jakarta, 15 Desember 2022 – Tidak terasa, waktu berjalan sangat cepat, hingga akhirnya CARIpreneur – ajang Kompetisi Kekinian sampai ke puncak acara. “CARIpreneur” merupakan suatu program dengan banyak harapan, salah satunya adalah untuk mendukung percepatan penetrasi dan transformasi digitalisasi UMKM di Indonesia.

Sejak diluncurkan pada 25 Agustus
2022, CARIpreneur telah merangkul ribuan pendaftar UMKM di Indonesia. Melalui berbagai rangkaian tahapan seleksi, ribuan peserta terus berjuang dalam semangat menyerukan kreasi bisnisnya, menunjukkan bagaimana mereka mengoptimalkan teknologi dalam pengelolaan usahanya, mendapatkan kemudahan akses, perluasan jangkauan, informasi edukasi, komunitas dan pemasaran melalui ajang kompetisi ini.

PT Dasa Karya Indonesia (PT DKI), perusahaan berbasis teknologi yang membentuk ekosistem terintegrasi berlandaskan kolaborasi untuk menyediakan solusi bagi Pelaku Usaha khususnya UMKM dalam menjalankan usahanya baik secara offline, online maupun online multi kanal (omnichannel) yang di dukung oleh banyak kemudahan akses, seperti pembayaran, pengiriman, inklusi keuangan, permodalan sampai dengan pemantauan kinerja dimanapun dan kapanpun melalui satu aplikasi CARInih, bersama dengan SMESCO Indonesia dan para partner ekosistemnya terus bergerak aktif mendukung para peserta CARIpreneur selama periode pelaksanaan kompetisi.

Berbagai sesi literasi tentang pengoptimalan teknologi dalam menjalankan usahanya, manfaat perizinan usaha, tips pengelolaan keuangan – bagaimana mengatur keuangan usaha dan pribadi, tips membuat konten pemasaran yang menarik, tips-tips pengiriman produk aman dan efisien serta masih banyak lagi lainnya, diberikan ke para peserta CARIpreneur oleh para partner ekosistem yaitu Smesco Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), AdaKami, KompasTV, DBS Indonesia dan Paxel Indonesia.

“Antusias para Sahabat UMKM, peserta CARIpreneur sangat luar biasa. Tidak hanya menghadiri dan mendengarkan setiap sharing yang diberikan, tapi langsung diimplementasikan dan dibuktikan. Disamping itu, CARIpreneur merupakan suatu ajang perwujudan #NYATAKANsalingbantu, kekuatan kolaborasi antar partner ekosistem dalam mendukung sahabat UMKM, pejuang local brand sangat terasa. Saya mewakili keluarga besar CARInih, menyatakan salut untuk Sahabat UMKM, partner ekosistem dan semua pihak yang terlibat, termasuk kepada Menteri Koperasi dan UKM RI, Bapak Teten Masduki yang turut memberikan kata sambutan melalui video pada acara pengumuman pemenang CARIpreneur hari ini. Dalam sambutannya, Bapak Teten memberikan selamat kepada para pemenang, dan beliau mendukung bahwa produk, proses bisnis hingga pemanfaatan teknologi dan transformasi digital merupakan faktor penting bagi UMKM tidak hanya bangkit dari dampak pandemik tapi juga berdaya saing baik nasional maupun global. CARInih akan terus berpegangan tangan dengan partner ekosistem dalam menghadirkan solusi inovasi nan kreatif untuk Sahabat UMKM.”, ujar Tan Leny Yonathan (“Leny Tan”) – Founder dan CEO PT DKI dengan bersemangat.

“Proyeksi ekonomi digital Indonesia hingga tahun 2030 sebesar Rp.4.531 trilyun, sedangkan per November 2022, sudah sebanyak 20,24 juta UMKM onboarding artinya sudah hampir 30 persen total pelaku UMKM di Indonesia sudah onboarding digital.
Kolaborasi SMESCO Indonesia dengan
PT. Dasa Karya Indonesia merupakan upaya nyata pemerintah membangun transformasi digital UMKM di Indonesia dengan target capaian 30 juta UMKM go digital dan 500 koperasi modern berbasis digital pada tahun 2024 sebagai komitmen nyata SMESCO Indonesia khususnya Kementerian Koperasi dan UKM hadir bagi pelaku UMKM,” ujar Direktur Utama SMESCO Indonesia, Leonard Theosabrata.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI menjadi pendukung utama program
CARIpreneur. Dengan mengikuti rangkaian program CARIpreneur, UMKM berkesempatan untuk mengikuti berbagai rangkaian program literasi dan memperoleh benefit dari tabungan BNI serta dukungan lainnya. BNI terus mendorong UMKM meningkatkan kapabilitas bisnis guna menjawab potensi pasar yang lebih kuat di masa pemulihan ekonomi.

“AdaKami bangga bisa menjadi bagian dari kemajuan UMKM di Indonesia dalam memanfaatkan teknologi untuk perkembangan usaha. AdaKami mengapresiasi program CARIpreneur yang mampu menjadi wadah dan komunitas membangun untuk para peserta, dengan harapan pelaku usaha ini mampu naik kelas secara bisnis baik dari sisi pemanfaatan teknologi dan mengatur keuangan. Semoga bekal kontribusi AdaKami dalam literasi keuangan mampu menginspirasi para peserta lebih bijak dalam bertransaksi khususnya secara digital dan mampu menularkan semangat yang sama kepada pelaku usaha lainnya, ujar Jonathan Kriss – Business Development Manager AdaKami.

“Bangga dan senang sekali KompasTV bisa berpartisipasi dalam ajang CARIpreneur. Sejak awal sudah terlihat antusiasme para pelaku UMKM untuk ikut kompetisi. Bukan hanya untuk jadi pemenang tapi ikut serta dalam berbagai sesi pelatihan. Setidaknya saat Kompas TV mengisi kelas “Tips Bikin Konten Kreatif dan Menarik di Media Sosial” satu gelombang tidak cukup untuk memenuhi rasa keingintahuan teman-teman pengusaha yang ingin usahanya dikenal di berbagai
platform digital. Kami akan terus mendukung kegiatan ini agar bisa berkelanjutan mendorong percepatan penetrasi dan transformasi digitalisasi UMKM Indonesia”, Haris Mahardiansyah – Digital Manager KompasTV.

“Bank DBS Indonesia senang dapat berpartisipasi dalam program ini dan terlibat dalam proses penjurian dan pendampingan bagi pelaku UMKM. Selain itu, peran aktif kami dalam memberikan solusi teknologi yang cepat, aman dan terpercaya untuk pelaku UMKM seperti *DBS MAX QRIS
dan fitur digibank Bayar Ringkas* diharapkan dapat memudahkan transaksi perbankan dan hal inilah yang membuat kami seperti sebuah perusahaan inovator dan lebih dari sekedar Bank.

Semangat Bank DBS Indonesia untuk membantu sektor UMKM sejalan dengan komitmen kami untuk mengakselerasi inklusi digital dan finansial sehingga dapat berkontribusi secara positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan masyarakat”, ujar VP Institutional Banking Group PT Bank DBS Indonesia, Ekaputra Inukertapati.

“Sebuah kehormatan bagi AstraPay untuk dapat menjadi bagian dari kompetisi UMKM
CARIpreneur dan menjadi pionir dalam program ini untuk memperkenalkan pembayaran secara digital. Rangkaian dari kompetisi ini sejalan dengan motivasi AstraPay untuk dapat menghadirkan payment solution secara digital bagi masyarakat dan pelaku UMKM. Harapan kami, dengan hadirnya kompetisi CARIpreneur dapat menjadi fasilitas bagi pelaku UMKM untuk dapat berkreatifitas tanpa batas dengan mengembangkan bisnis atau usahanya dalam dunia digital”, ujar Reny Futsy Yama selaku Chief Marketing Officer AstraPay.

“Upaya untuk terus mendorong percepatan penetrasi dan transformasi digitalisasi UMKM di Indonesia tentu tidak berhenti pada kompetisi CARIpreneur saja. Ini baru awal, perjalanan masih panjang. Untuk terus maju menghadirkan solusi berbasis kebutuhan, kreativitas juga harus terus diupayakan, teknologi harus terus dioptimalkan. Seperti halnya teknologi yang terus berkembang,
demikianlah dorongan bagi Sahabat UMKM untuk terus maju, mengoptimalkan semaksimal mungkin. Tidak menyerah, pengembangan berkelanjutan secara konsisten dan persisten, usaha tidak akan mengkhianati hasil”, ujar Meilina Chow – Co-Founder dan Chief Revenue Officer PT DKI.

PT DKI senantiasa berkomitmen untuk terus menyatakan semangat #NYATAKANsalingbantu
mendukung pelaku UMKM, pejuang local brand sebagai salah satu pilar utama perekonomian di Indonesia. Program CARIpreneur merupakan salah satu wujud komitmen tersebut. Nantikan keseruan dan berbagai program menarik lainnya! Kami senantiasa membuka pintu kolaborasi bagi pihak manapun yang mempunyai semangat #NYATAKANsalingbantu”, tutup Leny Tan.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *