Fahira Idris & SMA Kartini Kolaborasi Donor Darah

Trenddjakarta.com, Jakarta (17/12/22) — Kegiatan Kolaborasi Sosial Kemanusiaan “Donor Darah Untuk Negeri” yang rutin diselenggarakan oleh Anggota DPD RI Dapil Provinsi DKI Jakarta Fahira Idris kembali digelar. Kali ini berlangsung di Kecamatan Kemayoran, tepatnya SMA Kartini 1, Jakarta Pusat (17/12). Kegiatan yang merupakan rangkaian Bakti Sosial Fahira Idris di 44 Kecamatan yang ada di Jakarta ini, sekaligus Rangkaian menyambut Hari Ibu Tahun 2022 dan juga ingin memastikan ketersediaan stok darah terus terjaga karena mampu menyelamatkan banyak nyawa. Terlebih Indonesia adalah negara rawan bencana.

“Tentunya kita berdoa agar negeri kita ini dijauhkan dari bencana alam. Namun, sebagai negeri rawan bencana, kita harus selalu bersiap-siap terutama menjaga ketersediaan stok darah untuk menolong para korban bencana yang membutuhkan darah. Dapat dipastikan, setiap terjadi bencana alam di mana saja, tingkat kebutuhan darah akan meningkat. Ini harus kita antisipasi agar semakin banyak korban bencana yang tertolong. Oleh karena itu, kegiatan donor darah ini akan menjadi agenda bakti sosial rutin yang akan kita gelar di 44 kecamatan yang ada di Jakarta,” ujar Fahira Idris di sela-sela kegiatan donor darah.

Hadir juga dalam kegiatan donor darah kolaborasi Anggota DPD RI Fahira Idris dengan SMA Kartini Kemayoran diantaranya : Walikota Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, S.Sos, M.AP, Pimpinan Yayasan Pendidikan Kartini Nusantara Hj. Gunarijah Ratna Mirah Kartasasmita,P.hD, dan Dr. Mudji Sabar Sekretaris Yayasan Pendidikan Kartini Nusantara, H. Syarifudin dan Dr. Sahrianta Tarigan Perwakilan PMI Provinsi DKI Jakarta, Dokter Diana Puspita Sari,M.Biomed Koordinator UDD PMI Kota Jakarta Pusat, H. Supena PMI Kota Jakarta Pusat, Kabag Kesra Pemkot Jakarta Pusat Ahmad Juhandi beserta jajaran lingkungan sekitar Camat Kemayoran Asep Mulyaman, Lurah Utan Panjang Amadeo, Perwakilan Danramil Kemayoran, Perwakilan Polsek Kemayoran, Dewan Kota Kemayoran Drs. Nasirman Chaniago, Perwakilan Ketua Mitra Koramil, perwakilan Citra Bhayangkara, beserta Bapak/Ibu dari Sekolah SMA Kartini Jakarta.

Kegiatan donor darah kali ini kita berkolaborasi dengan Yayasan Pendidikan Kartini Nusantara, Sekolah SMA Kartini 1 Jakarta, PMI Provinsi DKI Jakarta, PMI Kota Jakarta Pusat, dan Ormas Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) Wilayah Jakarta Pusat serta Komcam Kemayoran. Antusiasme warga sebagai relawan donor darah sangat tinggi, terlihat dari Pendaftar yang hadir 354 calon pendonor, yang bisa dicek untuk kelayakan donor sebanyak 321 pendonor, kemudian, 250 Kantong Darah yang berhasil diambil oleh PMI, alhamdulillah, Target berhasil 100%. Ini terjadi karena, selain selama pandemi kegiatan donor darah belum terlalu banyak digelar, kesadaran warga bahwa donor darah baik bagi kesehatan juga sangat meningkat.

Selain darah yang didonorkan akan sangat bermanfaat bagi orang yang mengalami kondisi seperti korban bencana, kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah, ternyata donor darah secara rutin terbukti memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh pendonor. Salah satunya, menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.

“Alhamdulilah, kali ini kita memperoleh sebanyak 250 kantong darah. Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas kuatnya kolaborasi warga Jakarta dalam kegiatan donor darah ini. Begitu besarnya rasa sosial dan kesetiakawanan warga Jakarta terutama warga Kemayoran yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, baik sebagai penyelenggara maupun warga yang dengan sukarela mendonorkan darahnya. Semoga kolaborasi kita, warga Jakarta semakin kuat terjaga sebagaimana branding Jakarta sebagai kota kolaborasi,” ujar Senator Jakarta ini.

Sebagai informasi, setelah sebelumnya berhasil menggelar donor daerah di lima kota administrasi (Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan), kini kegiatan donor darah yang bertajuk “Donor Darah untuk Negeri” digelar di level kecamatan. Secara rutin dan berkala kegiatan ini akan diselenggarakan di 44 kecamatan yang ada di Jakarta untuk memastikan ketersediaan stok darah terjaga.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, saya hadir bakti sosial donor darah untuk negeri di SMAS Kartini, Kelurahan Utan Panjang, Kecamatan Kemayoran, Sabtu (17/12) karena sudah janji dengan Ibu Fahira Idris dan Ketua Yayasan akan menghadiri.

“Saya memberikan Apresiasi tertinggi kegiatan Bakti sosial donor darah untuk negeri ini yang diinisiasi oleh Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Fahira Idris yang berkolaborasi bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta dan PMI Kota Administrasi Jakarta Pusat serta Yayasan Pendidikan Kartini Nusantara”, ujar Dhany Sukma dalam sambutannya.

Terlihat, kegiatan Kali ini sangat berbeda dengan kegiatan donor darah pada umumnya. Ibu Fahira Idris dalam kegiatan kali ini juga memberikan Piagam penghargaan “Pahlawan darah Indonesia” yang diberikan bagi para pendonor yang hadir serta piagam “Pahlawan Pendidikan Jakarta” bagi para guru Sekolah Kartini yang berprestasi.

Dalam kesempatan ini, Dhany Sukma juga mengapresiasi para pihak yang telah bersedia menyelenggarakan kegiatan bakti sosial donor darah ini. Selain itu, Ia pun mengajak agar terus menebarkan kebaikan dan kebahagian kepada orang lain, salah satunya melalui kegiatan donor darah.

H. Syarifuddin mewakili Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta menyambut baik langkah Ibu Fahira Idris dalam menyemarakan Donor Darah dari berbagai Kolaborator. Kemarin Tingkat Walikota, Sekarang sudah tingkat Kecamatan dengan menggandeng Sekolah SMA Kartini. “Ini kebaikan, yang perlu di apresiasi, maka kami PMI Provinsi DKI Jakarta hari ini khusus memberikan Penghargaan kepada Bang Japar Komcam Kemayoran dan SMA Kartini Jakarta atas Kolaborasi dalam Pelaksanaan Donor Darah Fahira Idris bakti untuk negeri”, ujarnya.

Dr. Mudji Sabar Sekretaris Yayasan Pendidikan Kartini Nusantara yang hadir terlebih dahulu dalam memberikan sambutannya, sangat berterima kasih dan senang bersama-sama Ibu Fahira Idris dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dengan donor darah. Kegiatan ini sangat baik, maka kami dari yayasan menyambut baik, saat ibu Fahira Idris bertemu ketua Yayasan, ternyata masih saudara dalam kehidupan kami bersama-sama.

“Terima kasih semua pihak yang terlibat, kami memohon maaf jika banyak kekurangan disana sini, semoga kegiatan baik ini menjadi semangat kami terus mengukir prestasi dimasa mendatang”, tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan keliling ruang Aula Donor Darah untuk menyapa para Pendonor yang mendonorkan darahnya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *