Pameran Otomotif IIMS 2023 Menjadi Platform Unik untuk Mendatangkan Investor pada Sektor Otomotif

trenddjakarta.com, Jakarta, 16 Februari 2023 – International Indonesia Motor Show (IIMS) merupakan kesempatan bagi pemerintah untuk menunjukkan upayanya mendukung sektor otomotif dan menunjukkan komitmennya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui industri kreatif. Hal tersebut sejalan dengan tagline IIMS 2023, yakni BOOST “Bringing Opportunity for Otomotive Society
Together”.

Pameran otomotif tahunan ini akan berlangsung pada 16-26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, dengan memperlihatkan perkembangan dan inovasi terbaru dalam industri otomotif. Perekonomian Indonesia telah tumbuh secara stabil dalam beberapa tahun terakhir, dengan
rata-rata tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 5% dan diperkirakan akan terus meningkat hingga 2024 mendatang (bi.go.id). Industri otomotif juga disebut sebagai salah satu faktor utamanya, selain peningkatan investasi di bidang infrastruktur pertumbuhan kelas menengah, dan peningkatan belanja konsumen. Pemerintah telah mendukung industri otomotif terhadap industri kreatif di bidang otomotif untuk mengadopsi teknologi baru, berinvestasi dalam research
and development, memproduksi kendaraan yang lebih maju dan efisien.

Pemerintah serius mendorong pengembangan kendaraan berbasis listrik guna mendukung upaya pengurangan emisi karbon, memberikan peluang baru terhadap ekonomi dan hilirisasi sumber daya alam, serta penguatan teknologi untuk menopang produktivitas industri nasional di masa depan. Seperti yang dilansir dalam kemenperin.go.id, pemerintah terus memacu penerapan teknologi dan peningkatan investasi di sektor otomotif nasional, termasuk mengakselerasi
pengembangan kendaraan listrik roda dua, tiga, serta roda empat atau lebih yang berbasis baterai listrik maupun mild hybrid dan strong hybrid.

Melalui IIMS 2023, pemerintah berjalan beriringan dengan pameran bergengsi tahunan ini untuk mendorong percepatan migrasi kendaraan elektrik.
“Saya mengajak seluruh industri otomotif untuk lebih berorientasi pada ekspor. Memang peningkatannya sudah cukup tajam dari tahun 2021 ke tahun 2022, dari 300 ribu kurang lebih sudah naik ke hampir 600 ribu. Ini saya juga ingin mengucapkan terima kasih pada industri otomotif yang sudah meningkatkan ekspornya ke 100 persen,” ujar Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada pembukaan IIMS 2023 (16/2/23)

IIMS 2023 Juga Berdampak bagi Sektor Industri MICE
Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara IIMS 2023 dengan bangga dan optimis
mengumumkan kembalinya acaranya pameran bergengsi yang kembali digelar offline secara penuh sebagai tanda kebangkitan untuk industri MICE (Meeting, Incentives, Conferences, and Exhibitions) usai pandemi. Dyandra Promosindo akan terus berkomitmen untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan semua peserta dan telah menerapkan tindakan kesehatan dan
keselamatan yang ketat sesuai dengan peraturan yang berlaku. Kemeriahan penyelenggaraan IIMS 2023 akan menghadirkan total 165 peserta, dengan 45 peserta merupakan merk kendaraan roda empat, roda dua, dan kendaraan listrik.

“Kami sangat senang dapat membuka IIMS pada tahun 2023 dan membantu memimpin
pemulihan industri MICE, selain itu akan menjadi wadah bagi pelaku bisnis, komunitas, dan konsumen,” kata Daswar Marpaung, Presiden Direktur Dyandra Promosindo. “Acara ini akan menjadi simbol harapan dan demonstrasi dari ketahanan dan tekad industri otomotif, bahkan IIMS telah menjadi rantai ekosistem baru bagi industri otomotif Indonesia. IIMS 2023 sekaligus mendukung misi pemerintah untuk terus memotivasi mendorong percepatan migrasi dari
kendaraan konvensional-fosil ke listrik atau elektrik, sesuai INPRES yang baru saja diperbarui Nomor 7 Tahun 2022. Untuk itu, kami sangat menantikan kehadiran semua orang di IIMS 2023 dan berharap acara ini dapat dijadikan sebagai platform untuk pertumbuhan dan kesuksesan ekonomi di Indonesia,” terangnya.

Memanfaatkan momentum awal tahun 2023 pasca pandemi, banyak APM dan brand kendaraan meluncurkan produk terbaru. Berikut adalah deretan Agen Pemegang Merk (APM) dan brand kendaraan roda empat yang telah diluncurkan pertama di IIMS 2023, di antaranya: Mitsubishi, Hyundai dan Toyota. Sedangkan untuk kendaraan roda dua yang akan melakukan peluncuran produk di IIMS 2023 yaitu: Alva, Benelli, Gelis, KTM, Husqvarna, Namota, Rakata, Royal Alloy, Selis, Smartby, United Motor, dan Yadea.

Secara keseluruhan, pada IIMS 2023 akan menampilkan 20 New Product Launching, termasuk di antaranya adalah 4 Indonesia Premiere dari DFSK, Subaru, MG dan Wuling.

Pada pembukaan IIMS 2023, CEO Kompas Gramedia, Lilik Oetama juga menunjukkan
dukungannya dengan mengatakan percaya dan optimistis bahwa geliat IIMS merupakan langkah awal yang baik bagi Indonesia menunjukkan taringnya di kancah global. “Industri otomotif adalah sektor kunci bagi perekonomian Indonesia, dan IIMS menjadi platform yang unik bagi negara untuk menampilkan ketangguhan sektor industri otomotif. Dengan menarik perhatian dan investasi internasional, momentum penyelenggaraan pameran otomotif IIMS diharapkan dapat memperkuat profil dan posisi Indonesia sebagai pemain terkemuka dalam pasar otomotif global,” ujarnya.

Pasar otomotif global sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan sektor pembiayaan otomotif, baik mobil maupun motor, secara komprehensif sesuai kebutuhan pelanggan dan calon pelanggan. Untuk mewujudkannya, IIMS 2023 membuka peluang kolaborasi dengan bank dan perusahaan multifinance terdepan di Indonesia untuk tetap mempertahankan pertumbuhan sektor hilirisasi industri otomotif. Oleh karena itu tahun ini, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bersama PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk. (Adira Finance) didukung oleh MUFG Bank, Ltd. (MUFG), kembali memberikan dukungan kepada IIMS sebagai Official Bank Partner dan Official Multifinance Partner.

“Partisipasi MUFG Bank bersama dengan mitra strategis lokal kami, Danamon dan Adira Finance merupakan sebuah bukti dukungan terhadap sektor otomotif menuju masa depan yang lebih menjanjikan bagi ekosistem otomotif di Indonesia. Kami percaya, bahwa IIMS 2023 merupakan ajang bergengsi paling dinanti sebagai tanda bangkitnya perekonomian Indonesia usai pandemi.
Untuk itu, MUFG Bank bersama dengan Danamon dan Adira Finance hadir kembali sebagai mitra keuangan terpercaya dan ikut serta dalam memeriahkan IIMS 2023. Kami sangat siap menyambut antusiasme pengunjung yang datang di IIMS 2023 selama sebelas hari ke depan, dan tentunya mempercayakan kami sebagai mitra keuangan yang tepat,” ujar Kazushige Nakajima, Executive Officer, Country Head of Indonesia, MUFG Bank, Ltd.

“Bersama Danamon dan MUFG, kami menyediakan solusi finansial di IIMS 2023 yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, mulai dari pembiayaan otomotif yaitu mobil, motor, kendaraan listrik, hingga non-otomotif, seperti produk durables dan dana multiguna. Pengunjung IIMS dapat memanfaatkan beragam keuntungan yang kami tawarkan melalui berbagai program menarik seperti Bunga Ringan mulai 1,68% dan 0% untuk merek-merek tertentu, serta tersedia juga pembiayaan dengan prinsip syariah. Hal ini kami lakukan dalam rangka memperkuat ekosistem otomotif Indonesia dan mewujudkan komitmen perusahaan untuk menjadi Sahabat Setia Selamanya bagi seluruh ekosistem Adira Finance,” jelas Dewa Made Susila, Direktur Utama PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk.

Sebagai bentuk nyata Danamon bersama Adira Finance dan didukung oleh MUFG, memiliki aspirasi untuk senantiasa aktif terlibat di dalam perkembangan industri otomotif nasional, mereka hadir kembali memfasilitasi pembiayaan di IIMS 2023, tentunya dengan berbagai program dan promo menarik, termasuk dukungan terhadap misi pemerintah sebagai mitra pembiayaan kendaraan listrik. Hal ini sejalan dengan komitmen Danamon dan Adira Finance untuk menyediakan solusi keuangan yang komprehensif untuk membantu seluruh konsumen terus tumbuh dan mencapai tujuan finansialnya.

IIMS Infinite Live 2023
Melalui IIMS Infinite Live, IIMS memadukan pecinta otomotif dan musik selama sebelas hari penuh. Panggung Infinite Live 360 derajat akan meramaikan penyelenggaraan IIMS 2023 setiap harinya dengan menghadirkan berbagai musisi ternama Indonesia yaitu Ananda Badudu Feat. Monita Tahalea, The Adams, Ari Lasso, The Changcuters feat Nidji, Dewa 19 Feat. Virzha, Dikta
Wicaksono, For Revenge, God Bless, Hivi!, Isyana Sarasvati feat Deadsquad, JKT 48, J-rocks, Juicy Lucy, Kunto Aji, Last Child, Nadin Amizah, Parade Hujan, Project Pop feat. Alvin Witarsa (Project Popchestra), Reality Club, Rizky Febian, The Sigit, Soegi Bornean, Vierratale feat RE:UNION, Yovie
& Nuno dan Yura Yunita.

Pengunjung hanya perlu membayar harga tiket masuk (HTM) IIMS 2023 sebesar Rp50.000 untuk tiket masuk pada hari Senin sampai Kamis (weekdays) dan Rp85.000 selama weekend (hari Jumat s/d Minggu). Sedangkan untuk harga tiket masuk IIMS yang mencakup acara Infinite Live, akan dikenakan biaya sebesar Rp200.000 untuk weekdays dan Rp250.000 untuk weekends.

Untik info lebih lanjut silakan kunjungi situs www.indonesianmotorshow.com serta akun instagram @iims_id dan @iimsinfinitelive untuk mendapatkan informasi terkini mengenai keseruan acara IIMS 2023 yang
akan terselenggara pada 16- 26 Februari 2023.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *