Trik Bekal Anti Bosan Ala Chef Jenny di Domikado yang Auto Bergizi!

trenddjakarta.com – Siapa di sini hobi bikin bekal supaya bisa hemat uang jajan sekaligus memastikan mendapat asupan makanan sehat dan penuh nutrisi? Tentu saja bikin bekal tiap hari bisa menemukan titik bosan dan kurang inspirasi untuk tetap semangat menyantap bekalnya.

Chef Jenny, salah satu bintang tamu di DOMIKADO berbagi tips seru supaya bekal tetap gemas dan auto lahap makannya. Simak yuk bahan-bahan apa yang wajib ada untuk jadi bekal yang enak, menyenangkan proses memasaknya dan tentu saja mengenyangkan.

Komponen penting dalam menyiapkan makanan sehat terbagi dalam beberapa kategori;
karbohidrat, protein hewani dan protein nabati. Untuk yang perlu makanan berat, pilihan nasi sebagai karbohidrat utama memang wajib ada di bekal sehari-hari. Tetapi tahukah Anda kalau.konsumsi nasi juga berpotensi menaikan kadar gula karena nasi putih memiliki kandungan glikemik indeks (GI) per 100 gram sebesar 72 dan kandungan karbohidrat sebesar 36gr sedangkan disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat dengan kandungan GI maksimal 100
per harinya. Untuk pecinta karbohidrat, bisa coba juga pilihan lain seperti roti atau shirataki.

Roti gandum seperti sourdough punya nutrisi yang tidak kalah baiknya karena merupakan roti yang dibuat dari fermentasi gandum dan lebih mudah dicerna dibandingkan roti putih biasa. Roti juga bisa jadi bahan utama untuk kreasikan bekal-bekal gemas. Ini dia contohnya, bekal untuk sandwich yang dikreasikan bersama daging asap dan sayuran yang ada di DOMIKADO episode 6.

Bagaimana dengan konsumsi sayur mayur dan buah-buahan? Menurut Riset Kesehatan Dasar
selama kurun waktu lima tahun terakhir, 95% anak-anak usia mengonsumsi kurang dari porsi
yang disarankan, yaitu lima porsi per hari. Buat sebagian anak-anak, mungkin sayuran rasanya tidak enak, bentuknya tidak menarik dan pahit. Saatnya mengenal berbagai sayuran dan buah yang mudah diolah, bergizi dan tentunya rasanya enak. Bekal gemas yang dibuat Chef Jenny mengandung wortel, selada dan tomat. Kenapa tomat penting ada di menu bekal baik anak-anak sampai orang dewasa? Buah tomat memiliki kandungan air sebesar 95%, vitamin C dan juga tinggi antioksidan yang berfungsi mengurangi potensi kanker. Ada juga buah alpukat yang kaya vitamin C,E dan K dan bisa diolah menjadi berbagai makanan, dari es buah, olesan roti sampai paduan sushi.

Untuk protein hewani, banyak pilihan daging ayam atau sapi dalam menu-menu bekal yang
ada. Salah satu yang bisa jadi santapan penting adalah ikan, termasuk ikan salmon.
Kandungan lemak di ikan salmon baik untuk tubuh serta sumber protein terbaik yang membuat ikan salmon disebut sebagai Superfood. Tidak hanya itu, ikan salmon cocok dipadukan dengan menu nasi atau roti. Kalau Anda terburu-buru sarapan, roti dengan salmon cocok jadi menu sandwich lengkap dengan sayuran. Untuk makan siang, padukan salmon yang dipanggang dengan kentang atau nasi.

Jangan lupa paduan bekal Anda makin sempurna jika ditutup dengan buah segar. Buah jeruk,
pepaya atau semangka cocok menambah kandungan air serta vitamin C di cuaca yang tidak menentu belakangan ini. Melihat dari episode KELUARGA ASTROBEK, Anda juga bisa
menyelipkan pesan manis di dalam bekal untuk keluarga tercinta. Bisa dengan langkah
menyantap bekal, atau pantun bahkan lagu ciptaan yang terinspirasi dari kakek Bea. Jadi, sudah siap lebih sehat dan makan lebih nikmat penuh nutrisi anti bosan, kan?. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *