Melawat ke Medan, BPH Migas Imbau Pentingnya Keandalan Rantai Pasok dan Komunikasi Publik

trenddjakarta.com – Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Basuki Trikora Putra melakukan kunjungan ke Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Medan Group, Medan, Sumatera Utara, Selasa (18/4/2023). Pria yang kerap disapa Tiko ini menyampaikan pentingnya keandalan rantai pasok BBM dan komunikasi publik yang baik.

Selama periode Ramadan dan Idul Fitri 1444H, BPH Migas terus melakukan pemantauan dengan berfokus pada keandalan rantai pasok BBM.

“Pertama, mengenai reliability supply chain atau keandalan rantai pasok. Ini harus siap untuk mendukung kegiatan saat Ramadan dan Idul Fitri,” ujar Tiko.

Kedua, lanjut Tiko, adalah mengenai komunikasi publik. Sehingga tidak hanya fokus menyiapkan di internal saja, namun masyarakat yang melakukan perjalanan mudik juga mendapatkan informasi yang lengkap agar dapat menyiapkan diri dengan baik.

“Masyarakat harus melihat stok BBM, persiapkan kendaraan, di mana mereka akan mengisi BBM di SPBU sepanjang perjalanan,” lanjutnya.

Di samping itu, ia juga mengapresiasi fasilitas yang disiapkan badan usaha kepada masyarakat saat mudik lebaran. “Fasilitas layanan yang disiapkan Pertamina luar biasa. Ada posko kesehatan, ada motoris, ada juga SPBU kantong. Ini persiapan untuk memberikan dukungan kepada saudara kita yang mudik lebaran. Mudah-mudahan ini dapat berjalan baik,” tutur Tiko.

Badan usaha juga harus selalu melakukan monitoring dan berkoordinasi setiap saat dalam menjaga ketersediaan pasokan BBM. “Jangan over confidence. Monitor setiap waktu,” pintanya.

Sementara itu, Executive General Manager Sumatera Bagian Utara Pertamina Patra Niaga Freddy Anwar menyampaikan telah melakukan koordinasi dengan Kepala Daerah, yaitu Gubernur Sumatera Barat, dan Gubernur Sumatera Utara, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah terkait kesiapan menjelang Idul Fitri di wilayahnya.

Selain ke TBBM Medan Group, Tiko juga mendatangi 2 SPBU di Serdang Bedagai, Sumatera Utara yaitu SPBU Rest Area (Side A) 11.209.108 dan SPBU Rest Area (Side B) 11.209.109. Secara umum, kedua SPBU tersebut telah menyiapkan pasokan BBM menjelang Idul Fitri 1444H.

*Sinergi BPH Migas dan DPR RI*
Ditemui sehari sebelumnya, Tiko juga mengajak masyarakat Kota Medan untuk membantu mengawasi distribusi BBM dengan menghubungi Nomor WA Helpdesk BPH Migas di 081230000136.

“Laporkan setiap tindakan yang dicurigai terdapat unsur penyelewengan distribusi BBM atau tindakan sejenis lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR RI Tifatul Sembiring juga menjelaskan mengenai pentingnya menjaga ketersediaan dan ketahanan energi nasional. “Mari Bersama-sama mencintai negeri ini,” ucapnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *