Penggunaan AC Meningkat, Ini Dia Tips Tetap Hemat Biaya Listrik

trenddjakarta.com, Jakarta, 19 Mei 2023 – Saat ini Indonesia sedang memasuki musim panas, dimana suhu bisa menginjak pada angka 34 derajat. Untuk mengurangi hawa panas tersebut, masyarakat memilih menggunakan AC atau Air Conditioner sebagai pendingin ruangan. Tentu saja masyarakat harus lebih pintar dalam memilih perabotan rumah tangga yang dapat memberikan sensasi tenang dan kenyamanan. Namun penggunaan alat elektronik tentu akan menghabiskan daya listrik yang membuat biaya listrik semakin mahal.
Berikut beberapa tips untuk pengunaan AC dan hemat listrik;

Atur waktu pengunaan AC
Terlalu sering mematikan dan menyalakan AC akan membuat penggunaan daya listrik semakin boros, karena beban pada kompresor bertambah. Atur suhu AC sesuai dengan kebutuhan, agar tidak.

Rutin membersihkan Filter AC
Filter AC berguna untuk menyaring kotoran agar tidak masuk ke dalam AC. Jika filter AC tidak dibersihkan, maka AC menjadi kurang dingin karena sirkulasi AC terhalang oleh kotoran pada filter. Oleh karena itu penting, untuk membersikan filter AC minimal 2 hingga 3 bulan sekali.

Buka pintu dan jendela sebelum menyalakan AC
Jika ruangan terasa pengap dan panas, ada baiknya untuk membuka jendela atau pintu sebelum menyalakan AC. Ketika suhu di dalam ruangan terlalu panas atau pengap, ruangan tersebut akan lebih lama terasa dingin. Akibatnya, compressor AC akan bekerja lebih ekstra.

Menggunakan AC Inverter
AC inverter adalah solusi efektif bagi Anda yang membutuhkan pendingin ruangan hemat energi supaya tagihan listrik tidak membengkak. AC inverter adalah inovasi yang dapat mengkonversi daya tinggi menjadi rendah tanpa mengurangi performanya secara keseluruhan. Cara kerja tersebut membantu mengurangi lonjakan listrik yang kerap terjadi saat kompresor mulai menyala dari posisi mati. Itulah sebabnya penggunaan AC inverter sangat efektif menghemat konsumsi listrik sebanyak 30% hingga 50%.

Memilih AC inverter untuk pertama kalinya mungkin terasa agak sulit dan membingungkan. Sebagai brand eletronik rumah tangga terbaik, AQUA Elektronik memiliki solusi melalui AC seri AQA – KCRV10WXW yang merupakan AC yang sudah memiliki sertifikasi SKEM (Standard Kinerja Energi Minimum) dan rating bintang 5 sebagai AC hemat energi. Hal ini didukung oleh adanya fitur Eco Mode dengan 3 pilihan pengaturan daya. “Produk AC ini dapat bekerja maksimal dan tetap melakukan pendinginan ruangan bahkan di tegangan rendah 130 Volt. Tidak hanya itu, PCB pada AC ini ditempatkan di panel depan sehingga lebih mudah dikeluarkan saat melakukan pembersihan dan perawatan,” Kenji Sadayuki, President Director of AQUA Japan Indonesia.

Tidak hanya itu, AC ini memiliki fitur unggulan utama berupa UVC Sterilization. Teknologi sinar ultraviolet ini akan membersihkan udara keluar masuk yang akan disaring melalui paparan sinar UV dan Nano Ion sehingga mampu memberikan proteksi dari virus Covid-19 hingga 99,98%. Hal ini telah diuji di Laboratorium Texcell di Perancis. Lalu ditambah fitur Self Clean bertugas membersihkan permukaan evaporator dari debu dan kotoran sehingga menjaga kondisi AC tetap bersih dan menghasilkan udara lebih sehat.

Itu dia beberapa tips untuk menghemat biaya listrik walaupun menggunakan AC secara rutin. Kunjungi Official website AQUA dan follow media sosial AQUA Elektronik untuk mengetahui rangkaian produk inovatif AQUA untuk kebutuhan gaya hidup serta kenyamanan rumah. Jangan lewatkan juga berbagai promo dan program menarik lainnya dari AQUA untuk melengkapi pengalaman belanja anda. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *