PT Hyundai Motors Indonesia Pertegas Komitmen Mobilitas Indonesia di IIMS 2024

PT Hyundai Motors Indonesia Pertegas Komitmen Mobilitas Indonesia di IIMS 2024

trenddjakarta.com, Jakarta, 15 Februari 2024 – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mempertegas komitmennya untuk menghadirkan solusi mobilitas terdepan di Indonesia. Terbukti pada partisipasinya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung selama 15–25 Februari 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta. Melalui perhelatan ini juga Hyundai ingin memperkuat kepemimpinannya di ekosistem kendaraan listrik melalui semangat baru bertajuk “Hyundai EV. Expect more.” Guna mendorong elektrifikasi di Indonesia yang di tunjukkan melalui peluncuran IONIQ 5 Batik. Serta menampilkan SEVEN Concept dan All New KONA Electric.

Menjadi pionir dalam memperkenalkan kendaraan listrik sebagai solusi mobilitas masyarakat Indonesia sejak 2020. Hyundai telah membuktikan komitmennya dalam membangun ekosistem EV dari hulu ke hilir melalui pembangunan pabrik battery cell dan battery pack. Produksi EV perdana dalam negeri, serta perluasan lebih dari 200 charging station di seluruh penjuru Indonesia. Upaya-upaya ini berperan penting dalam menyokong transformasi menuju transportasi kendaraan listrik. Sekaligus membuka peluang baru bagi industri otomotif Indonesia dalam mengadopsi teknologi canggih dan berkelanjutan.

Woojune Cha, President Director PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan. “Hyundai memiliki visi Progress for Humanity untuk terus berinovasi menciptakan masa depan yang lebih baik. Salah satunya melalui pengembangan berkelanjutan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Yang memiliki potensi besar untuk menjadi pemain penting di ASEAN. Hal ini selaras dengan salah satu misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai EV hub di Asia Tenggara. Sejalan dengan mimpi besar ini. Hyundai akan terus memimpin dan mengakselerasi elektrifikasi industri otomotif di Indonesia dengan mendorong penguatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Melalui investasi terarah dan kemitraan strategis yang merangkul pemangku kepentingan secara luas, baik itu pemerintah maupun pelaku industri terkait.”

Senada dengan Woojune Cha, Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia mengatakan. “Hyundai EV. Expect more”,  menjadi manifestasi terbaru dari komitmen Hyundai. Dalam memperkuat pengembangan berkelanjutan dari lini kendaraan listrik Hyundai di Indonesia beserta ekosistem pendukungnya. Hadirnya semangat baru “Hyundai EV. Expect more”, mempertegas komitmen Hyundai untuk menghadirkan produk inovatif tiap tahun di Indonesia demi menjawab kebutuhan mobilitas masa depan masyarakat. Ke depan, Hyundai akan terus mengakselerasi era mobilitas terdepan di Indonesia yang di harapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas dalam jangka panjang.”

“Hyundai EV. Expect more”,  mengajak masyarakat untuk semakin yakin dalam beralih ke kendaraan listrik. Dan merasakan mobilitas masa depan yang sesungguhnya. Di sini, Hyundai menunjukkan bagaimana pengguna menikmati kepemilikan kendaraan listrik yang worry- free hasil dari pengalaman berkendara terdepan, layanan after-sales andal dan ekosistem teknologi terintegrasi. Semangat ini juga memperkuat komitmen berkelanjutan dari Hyundai dalam mendukung pemerintah melengkapi ekosistem kendaraan listrik Indonesia. Yang sebelumnya telah Hyundai lakukan lewat pembangunan pabrik hingga jaringan charging station.

Komitmen berkelanjutan Hyundai untuk percepatan elektrifikasi industri otomotif di Indonesia

Kehadiran berbagai model kendaraan listrik di IIMS 2024 termasuk dua special display dan satu mobil listrik terbaru, semakin menegaskan peran krusial Hyundai dalam mengakselerasi era elektrifikasi di Indonesia. Sejalan dengan peta jalan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dari Pemerintah Indonesia, Hyundai membangun ekosistem kendaraan listrik yang lengkap di Indonesia. Di mana upaya tersebut menjadi bagian dari investasi keseluruhan senilai USD 3 miliar. Investasi strategis tersebut meliputi pembangunan kompleks infrastruktur terintegrasi untuk mengamankan value chain EV dalam negeri. Kompleks infrastruktur tersebut meliputi pabrik sel baterai dan battery system pertama di Indonesia, yang masing-masing berlokasi di Karawang dan Cikarang.

Pabrik sel baterai yang di operasikan PT HLI Green Power akan mampu memproduksi sel baterai lithium-ion dengan total kapasitas 10 GWh per tahun untuk memenuhi kebutuhan lebih dari 150.000 unit BEV. Lalu, pabrik battery system yang di operasikan Hyundai Energi Indonesia di targetkan untuk memproduksi hingga 50.000 unit Battery System Assembly (BSA) tiap tahun. Kedua fasilitas yang akan beroperasi mulai April 2024 ini melengkapi pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang akan menambah kapasitas produksi mobil listrik hingga 70.000 unit pada 2024. Beroperasinya tiga pabrik Hyundai di Indonesia secara serentak akan menghadirkan kendaraan listrik dengan komponen baterai buatan lokal untuk pertama kalinya. Model-model BEV Hyundai ini pun di proyeksikan untuk menjawab kebutuhan pasar Indonesia dan luar negeri, khususnya di Asia Tenggara.

Hyundai juga telah memimpin era elektrifikasi sektor otomotif Indonesia dengan menghadirkan lini IONIQ serta KONA Electric sejak 2020 dan solusi after-sales terdepan yang menyesuaikan kebutuhan kendaraan listrik. Upaya berkelanjutan Hyundai dalam memajukan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia turut di lakukan dengan menyediakan jaringan charging station di lebih dari 200 titik, termasuk Ultra Fast Charging Station tercepat di Indonesia. Dan akan di perluas ke lebih banyak wilayah. Upaya tersebut pun telah di wujudkan lewat kemitraan strategis untuk mengekspansi charging station Hyundai di berbagai titik lokasi yang semakin memudahkan akses bagi pengguna kendaraan listrik. Hyundai juga berencana untuk memperluas kolaborasinya dengan pihak lain dalam membangun lebih banyak charging station untuk makin meningkatkan kenyamanan berkendara dengan kendaraan listrik. Sejalan dengan respons positif konsumen terhadap EV, Hyundai pun berkomitmen untuk terus meningkatkan penyediaan produk dan layanan kendaraan listrik ke depan. Salah satunya melalui rangkaian program yang memastikan pengalaman memiliki Hyundai EV yang worry-free.

Kehadiran Hyundai Hadir Untukmu: Hyundai Jaga, Hyundai Jamin pastikan pengalaman kepemilikan kendaraan listrik worry-free

Menghadirkan pengalaman kepemilikan kendaraan listrik yang worry free, kali ini HMID turut menghadirkan program Hyundai Hadir Untukmu: Hyundai Jaga, Hyundai Jamin. Kini, khusus lini kendaraan listrik, Hyundai menawarkan berbagai manfaat bagi pelanggan yang melakukan pembelian IONIQ 5 dan IONIQ 6 pada 2024 melalui Hyundai Jamin, yang mencakup:

  • ●  Jamin ganti mobil baru*, yaitu jaminan penggantian mobil baru dengan tipe, warna dan spesifikasi yang sama jika mobil Anda mengalami nilai kerusakan minimal 50%. Berlaku sampai dengan 1 tahun setelah mobil di kirim.
  • ●  Jamin pelunasan cicilan*, yaitu jaminan pelunasan pembiayaan selama masa tenor bagi pemilik kendaraan apabila mengalami kecelakaan. Berlaku khusus bagi pelanggan Hyundai Finance.
  • ●  Jamin biaya medis konsumen*, yaitu jaminan biaya perawatan medis bagi pengendara dan penumpang apabila mengalami kecelakaan. Jaminan ini berlaku untuk maksimal 5 orang dengan biaya hingga Rp100.000.000 per individu. Program ini berlaku hingga 1 tahun setelah mobil di terima oleh pelanggan.
  • ●  Jamin penggantian biaya ban*, yaitu jaminan penggantian biaya pembelian ban baru dengan tipe dan ukuran yang sama bagi pelanggan. Manfaat ini berlaku selama 1 tahun setelah serah terima kendaraan. Dan di berikan bila ban yang rusak akibat kecelakaan sudah tidak dapat di gunakan lagi.

All New KONA Electric dan SEVEN Concept perlihatkan inovasi EV terkini dari Hyundai

Sejalan dengan “Hyundai EV. Expect more.”, HMID menampilkan All New KONA Electric di ajang IIMS 2024 yang dapat menjadi pilihan kendaraan listrik yang lebih versatile bagi konsumen. All New KONA Electric yang di luncurkan secara global pada 2023 hadir sebagai EV SUV yang mampu meningkatkan kepercayaan diri pengguna berkat eksterior yang sleek dan aerodinamik.

HMID juga menampilkan SEVEN Concept yang akan menjadi masa depan lini kendaraan listrik Hyundai berkat desainnya yang revolusioner. Hyundai memaksimalkan versatility platform E-GMP untuk menciptakan konsep lounge di interior SEVEN Concept yang memberi pengguna kebebasan untuk mengubah layout kabin sesuai kebutuhan. Vision Roof Display dan layar OLED panoramic menciptakan atmosfer interior yang begitu futuristis untuk menjamin kepuasan selama perjalanan. Baik saat menikmati hiburan favorit atau melepas penat dengan beristirahat.

Kehadiran tampilan dari All New KONA Electric dan SEVEN Concept di IIMS 2024 sejalan dengan komitmen HMID. Untuk terus menghadirkan model kendaraan listrik baru di Indonesia setiap tahun.

IONIQ 5 Batik memadukan tradisi dan modernisasi dalam inovasi

Dalam gelaran IIMS 2024, Hyundai secara resmi mengumumkan IONIQ 5 Batik yang telah tersedia dalam jumlah terbatas untuk konsumen luas. Sebelumnya, IONIQ 5 Batik telah di perkenalkan di GIIAS 2023 sebagai salah satu bentuk kontribusi Hyundai dalam peringatan 50 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan. IONIQ 5 Batik menjadi edisi spesial yang menggabungkan teknologi inovatif dari lini kendaraan listrik Hyundai dengan karakteristik khas dari batik yang mewakili tradisi Indonesia.

Mobil ini mempersembahkan pola Batik Kawung yang menggabungkan geometris bundar mirip buah kawung dengan pixel parametrik khas Hyundai. Pola ini mencerminkan persatuan dan harmoni sejalan dengan visi global Hyundai, Progress for Humanity. Dalam menghadirkan solusi mobilitas unggulan dengan dampak sosial dan lingkungan yang positif. Keterkaitan antara pola Batik Kawung dan desain pixel IONIQ tidak hanya sekadar elemen desain. Melainkan juga simbol warisan budaya yang memadukan unsur analog dan digital dalam kendaraan listrik terbaik dari Hyundai Motor Company. Pixel menjadi penghubung antara masa lalu dan masa depan. Sesuai dengan visi merek dalam merancang desain kendaraan masa depan dengan inspirasi dari pusaka sejarah.

Pola Batik Kawung berwarna abu-abu dapat di temukan menghiasi bagian hood, roof, sisi mobil dan pintu belakang. Interior mobil pun di dominasi pola Batik Kawung berwarna abu- abu muda dan ornamen metalik berpola Batik Kawung di jok, klakson dan sandaran lengan. Untuk makin menambah estetika interior IONIQ 5 Batik, Hyundai mendesain pola Batik Kawung berwarna cokelat muda atau soga di sandaran lengan mobil dengan dua pilihan pola. Warna soga menggambarkan alam, kesederhanaan dan kemanusiaan. Selaras dengan desain IONIQ 5 yang menggunakan material daur ulang dan ramah lingkungan untuk berbagai komponennya.

IONIQ 5 Batik pun membawa semua keunggulan IONIQ 5 sebagai BEV pertama yang di produksi massal di Indonesia. IONIQ 5 menawarkan pengalaman berkendara terdepan dengan jarak tempuh 451 km. Laju dari 0 ke 100 km/jam dalam 7,4 detik, serta fitur keamanan lengkap dari Hyundai SmartSense. IONIQ 5 juga menggunakan E-GMP yang memungkinkan hadirnya fitur inovatif seperti Vehicle-to-Load (V2L) untuk mengisi daya perangkat elektronik. IONIQ 5 Batik sudah bisa di pesan secara nasional dengan harga Rp990,000,000 (OTR Jakarta).

Kunjungi booth HMID di Hall D, IIMS 2024, JIExpo Kemayoran selama 15–25 Februari 2024 untuk lebih dekat dengan mobilitas terbarukan dari ekosistem kendaraan listrik Hyundai. Ikuti juga informasi terkait kegiatan dan produk terkini dari Hyundai di situs resmi HMID di www.hyundai.com/id/id. Atau lewat media sosial Instagram HyundaiMotorIndonesia. Youtube Hyundai Motors Indonesia. Facebook Hyundai Motors Indonesia dan X @HyundaiMotorID.

(***)