PT. EMI & Mazda Motor Corporation (MC, Siap Membangun Pusat Perakitan Mazda di Indonesia

Mazda Motor Corporation (MC) & PT EMI Siap Membangun Pusat Perakitan Mazda di Indonesia

Gambar 1 – (dari kiri ke kanan) Perwakilan dari PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), di wakili oleh Ricky Thio selaku Managing Director. PT Eurokars Produksi Pratama (EPP), di wakili oleh Toto Sunarya sebagai Director. PT Eurokars Group Indonesia (EGI), di wakili oleh Herbert Kwee sebagai CEO.  Mazda Motor Corporation (MC), di wakili oleh Hironori Tanaka sebagai Managing Executive Officer. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang di wakili oleh Kemal Rasyad, MPP, selaku Fungsional Pembina Industri Tim Kerja Industri Alat Transportasi Darat. GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) yang di wakili oleh Kukuh Kumara selaku Sekretaris Jenderal.

trenddjakarta.com, Jakarta, 5 Maret 2024 – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) & distributor kendaraan Mazda di Indonesia, mengumumkan langkah signifikan untuk mendirikan Pusat Perakitan di Indonesia. Pembangunan fasilitas ini menandakan babak baru dalam kemitraan antara Mazda Motor Corporation (MC) dan PT EMI. Kolaborasi ini di harapkan dapat memberikan dampak positif bagi industri otomotif dan perekonomian Indonesia. Pembangunan fasilitas ini juga mencerminkan komitmen kedua perusahaan (MC dan PT EMI). Untuk terus berkembang dan berinovasi di dalam negeri.

Pusat Perakitan Mazda di Indonesia rencananya berlokasi di Jawa Barat. PT EMI memperkirakan compact crossover akan menjadi kategori segmen utama yang di produksi di fasilitas ini, mengingat kategori segmen ini paling banyak di gemari konsumen Indonesia.

Sehubungan dengan rencana pembangunan Pusat Perakitan Mazda di Indonesia, Ricky Thio menyampaikan.  “Kami merasa terhormat karena telah di berikan kepercayaan oleh Mazda Motor Corporation. Untuk membangun Pusat Perakitan di Indonesia. Pembangunan fasilitas ini akan menjadi tonggak sejarah yang signifikan bagi kami. Dalam memenuhi permintaan pelanggan Mazda di Indonesia. Dengan lebih efisien dan efektif. Kami berkomitmen untuk dapat mempertahankan standar kualitas kendaraan Mazda. Yang di rakit secara lokal bagi pelanggan di Indonesia. Agar hadir dengan kualitas yang setara dengan kendaraan yang di rakit sepenuhnya di Jepang (Completely Built Up).”

Latar belakang di dirikannya Pusat Perakitan Mazda di Indonesia di dasari oleh pemahaman MC yang cermat. Dan strategis terhadap besarnya potensi pasar otomotif Indonesia. Selain itu, dukungan investasi dari PT EMI yang di perkirakan mengalokasikan sekitar Rp 400 miliar untuk persiapan proyek secara keseluruhan. Juga menandai tekad perusahaan untuk menjadi perpanjangan tangan MC yang andal. Terutama dalam upaya PT EMI untuk menjadi pemain kunci dalam menggerakkan pertumbuhan industri otomotif dan perekonomian di Indonesia.

“Dalam merencanakan pembangunan Pusat Perakitan Mazda di Indonesia, kami memprioritaskan kontribusi kami pada pemberdayaan masyarakat lokal. Terutama mereka yang berada di wilayah Jawa Barat. Dengan demikian, kami berkomitmen untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja & meningkatkan perekonomian masyarakat. Untuk membantu masyarakat berkembang.” tambah Ricky Thio.(***)