Peluang Besar Indonesia “KainHalal” Menjadi kiblat Fashion Halal Dunia

Peluang Besar Indonesia "Kain Halal" Menjadi kiblat Fashion Halal Dunia

trenddjakarta.com – Besar peluang Indonesia menjadi kiblat fashion halal Dunia. Untuk memenuhi permintaan dunia akan kain tenun bersertifikat halal, Direktur Utama PT MilangKori Persada, sekaligus CEO dan founder KainHalal, Fitriani Kuroda, telah mengajukan persyaratan untuk memproduksi tekstil bersertifikasi halal sejak 2019.

“Alhamdulillah kami adalah produsen pertama pembuat kain bersertifikat halal di Indonesia. Karena ada permintaan dari negara-negara timur tengah seperti Turki, Dubai dan lain-lainnya. Untuk memproduksi kain tenun halal,” kata Fitriani Kuroda, pada acara Indonesia Global Halal Fashion di Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Para designer Timur Tengah pernah melihat kain tenun yang terbuat dari serat biji kapas menjadi sangat menarik. Bagusnya, Indonesia bisa memproduksi kain yang bersertifikat halal, sedangkan saingan Indonesia, seperti Malaysia, Turki tidak bisa.

KainHalal terbuat dari serat selulosa regenerasi alami berasal dari Serbika (Serat Biji Kapas) atau cotton linter, yang sangat halus lembut, berkilau seperti sutra namun sejuk di pakai dan sangat ramah lingkungan.

“Kita mengajak pabrik dari Jepang, menyendirikan proses pembuatan benangnya dan meminta untuk membuat benang tidak bercampur dengan najis. Akhirnya mereka sangat menyambut baik untuk membuat dan tidak mencampuri dengan produk benang lainnya, yang menggunakan binatang,” jelas Fitriani Kuroda seperti di kutip dari InfoPublik.

Target pertama KainHalal adalah bagaimana umat Muslim bisa mengenakan pakaian untuk beribadah sehari-hari yang sudah bersertifikasi Halal. Kepada para designer juga di pastikan produknya sudah bersertifikat halal sehingga mereka tenang untuk merancang produk fesyennya.

Keunggulan lainnya adalah bahan baku benang KainHalal termasuk sangat ramah lingkungan karena terbuat dari serat alami serbika yaitu serat biji kapas atau serat cupro yang karakternya berbeda dengan serat katun. Serat serbika bertekstur halus, lembut dan berkilau seperti sutra tapi adem dan nyaman di pakai, sangat cocok untuk di negara tropis seperti di Indonesia.

“Kami berkolaborasi dengan para designer untuk menyosialisasikan produk fesyen halal.  Global Halal Fesyen untuk menjadi kiblat muslim dunia sebagai tantangan bagi kita semua,” katanya.(***)