Kembali Bioskop Rakyat Sajikan Program Lebih Berwarna di Juni 2024, Wadahi Keunikan Film Kelas B & Kolaborasi dengan ISBI Bandung

Kembali Bioskop Rakyat Sajikan Program Lebih Berwarna di Juni 2024, Wadahi Keunikan Film Kelas B & Kolaborasi dengan ISBI Bandung
trenddjakarta.comBandung, 6 Juni 2024 – Bioskop Rakyat, sebuah sebuah program menonton secara offline dari Bioskop Online, kembali hadir untuk memanjakan pencinta sinema Indonesia dengan rangkaian film-film pilihan yang memukau. Berlokasi di The Hallway Space, Bandung, Bioskop Rakyat menghadirkan pengalaman menonton yang berbeda dan menyegarkan, serta berupaya mendistribusikan film-film lokal berkualitas. Berikut berbagai program menarik yang akan
menghiasi bulan Juni ini.
Rise of B-Movie: Keunikan Film Kelas B
Menampilkan Keunikan Film Kelas B terbaik di Indonesia. Program ini memberikan kesempatan bagi penonton untuk memahami mengapa para sineas memilih jalur film kelas B, apakah karena keterbatasan dana atau memang karena itulah gaya yang mereka sukai. Program ini di harapkan dapat memberikan pengalaman baru kepada para penonton tentang betapa kayanya jenis-jenis film di Indonesia. Beberapa Keunikan Film Kelas B yang di tampilkan antara lain:
1. Jaka Byasa dari sutradara Ajam Good
2. Sabung Raptor karya Beny Kristia dan Rakha Magelhaens
3. Pendekar Cyborg dari Adit Bujbunen Al Buse dan Sigit Pradityodari
4. Bootlegging My Way Into Hell dari Azzam F. Rullah
Kolaborasi dengan Institut Seni Budaya Indonesia Bandung (ISBI) Bandung: Pemutaran
Film Tugas Akhir.
Bioskop Rakyat bekerja sama dengan ISBI Bandung untuk memutar film tugas akhir mahasiswa.
Pemutaran ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi tugas akhir film mahasiswa agar dapat
ditonton oleh khalayak umum, serta membentuk diskusi antar kampus. Beberapa film yang akan
di putar antara lain:
1. Ngarumat Kopi Hilman karya Nur Hakim
2. A Cat Can Look at a King karya Deris Muhamad
3. TONG KEPO ATUH BUIBU, IH! karya Faqih Atthoriq

Spotlight to Campus: Kolaborasi dengan FTV UPI Bandung
Program Spotlight to Campus memberikan ruang untuk karya-karya dari satu kampus agar dapat di kompilasikan dan di presentasikan ke publik. Program ini bertujuan untuk membuat penonton di Bandung dapat melihat karakteristik pengkaryaan dari tiap kampus, serta menjadi wadah tukar pikiran cara berkarya antar kampus di Bandung dan sekitarnya. Film-film yang diputar antara lain; Sangkuriang, A Folk Tale From the Forest, Cingcowong: From Sacred to Profane, Roro
Ajo, How To Be Forgiven By God , Human Living With Fate, Human Living With Death, Hunger, Man In Black dan Hidup Dengan Mayat Hidup.

Selain itu, Bioskop Rakyat juga menghadirkan berbagai program menarik lainnya, antara lain; Pilem-Pilem Barudak yang menampilkan film sineas Bandung berbahasa Sunda. Film Musik yang berisi kompilasi film pendek yang terinspirasi dari musik, bisa berupa adaptasi lagu ke film, genre musikal.  Atau dokumenter tentang perkembangan musik di Indonesia. Delicious Shorts program yang berisikan kompilasi film pendek berbagai genre yang pernah terseleksi atau berkompetisi di festival Nasional ataupun Internasional.

Di bulan ini, film-film baru meramaikan program Delicious Shorts, di antaranya; Semesta, dari sutradara Vincent Tion Hudaya. Film ini telah berkeliling festival film, seperti masuk ke dalam Official Selection Short Shot Fest Moscow 2023, Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2024, Nominee Best Cinematography dan Nominee Best Directing IPSMF 2023 dan masuk di beberapa festival lainnya. Lalu ada film Bella, Perempuan di Kamar No. 2, arahan sutradara Patrick Warmanda. Film ini tayang di JAFF 2019 dalam section “Layar Komunitas”. Film lainnya, Accidentally Intentional, karya Kevin Rahardjo juga tak kalah bergengsi kalau bicara soal keliling festival, salah satunya film ini masuk ke dalam Official Selection sekaligus world premiere di Palm Springs International ShortFest 2023. Terakhir film Madonna, karya Sinung Winahyoko
juga tayang di Film Musik Makan 2018 serta tayang di JAFF 2019. Tentunya film-film ini hadir dengan cerita beragam dan tema yang menarik.

Lalu ada program Horror Shorts yang berisikan film horor pendek Indonesia dengan gaya bercerita yang segar seperti H untuk Hantu, Jangan Datang Ibu, MoMok dan Sebuah Film Karya Setan. Directed by Women, program yang memberikan kesempatan kepada perempuan muda dalam bidang perfilman untuk mengekspresikan kreativitas mereka juga masih meramaikan program di bulan Juni. Film pendek yang akan di tayangkan antara lain Sabdakala, Passing, Si Merah dan Sawo Matang. Terakhir, Film Mocca: Life Keeps on Turning merupakan dokumenter yang mengajak penonton mengenal perjalanan band Mocca dalam bermusik ikut memeriahkan program Bioskop Rakyat kali ini.

“Semakin tinggi antusias penonton yang datang ke Bioskop Rakyat, semakin banyak juga program-program yang hadir. Seperti di bulan ini ada program-program baru seperti Rise of B-Movie yang memang banyak di minati, dan program-program lain yang bisa langsung di pilih melalui website resmi Bioskop Online, mulai dari kolaborasi dengan ISBI Bandung hingga pemutaran film Mocca: Life Keeps on Turning, semua bisa di nikmati di Juni ini. Semoga dengan semakin banyaknya program, akan semakin banyak juga film-film yang bisa di wadahi oleh Bioskop Online, semakin banyak film lokal yang akan bertemu dengan penontonnya. Di mana hal ini akan membantu untuk memperkuat ekosistem film lokal dan sebagai bentuk apresiasi untuk para sineas lokal,” ungkap Cut Dina Oktaviani, selaku Head Of Marketing Bioskop Online.

Untuk membeli tiket Bioskop Rakyat, kunjungi website www.bioskoponline.com, klik ‘AKUN’ untuk masuk atau ‘REGISTRASI’ jika belum memiliki akun. Pilih film di Bioskop Rakyat, beli tiket, dan gunakan e-ticket yang akan di kirimkan melalui email. Tunjukkan tiket di venue Bioskop Rakyat di Hallway Space Bandung, lalu registrasi di tempat. Setiap sesinya penonton hanya perlu membeli tiket seharga Rp 15.000,-.

Mari rayakan bersama kekayaan sinema Indonesia lewat Bioskop Rakyat. Jangan lupa ikuti update terbaru tentang Bioskop Online melalui akun Instagram @bioskoponlineid.(***)