Madame Malla Rasakan Dampak Maksimal dari Fitur Shopee Live, Sesi Perdana Capai Omzet hingga Rp 1 Miliar

trenddjakarta.com – JAKARTA, 18 Juni 2024 –  Live Streaming saat ini tidak hanya semakin di gemari masyarakat sebagai cara berbelanja online. Tetapi telah berkembang menjadi strategi berjualan bagi para pelaku usaha serta fitur yang mendukung konten kreator dalam memaksimalkan potensi. Hal itu pula yang di rasakan oleh Madame Malla, seorang konten kreator dan pemilik brand fashion lokal, Malla Fashion & Camalla Exclusive. Yang selama dua tahun telah mengoptimalkan dan mengimplementasikan Shopee Live dalam memperkuat potensi diri maupun bisnis yang sedang di jalani. Sejak awal menghadirkan sesi live stream pertama nya di Shopee Live, pengguna Shopee telah menunjukan antusiasme yang tinggi terhadap berbagai produk yang di tawarkan.

Madame Malla, konten kreator Shopee Live dan pemilik dari Malla Fashion & Camalla Exclusive mengatakan. “Senang sekali pada sesi Shopee Live pertama ku untuk Malla Fashion, kami berhasil menembus omzet hingga Rp 1 Miliar. Sebagai konten kreator dan pelaku usaha lokal tentunya sangat penting untuk terus bergerak bersama dengan perubahan. Kita harus tahu apa yang di cari pengikut ataupun konsumen kita. Serta apa yang sedang menjadi kegemaran dan tren pada saat itu. Awal motivasi dan ketertarikan saya terhadap Shopee Live, di awali dengan keinginan kami untuk menjangkau pasar baru dari berbagai kalangan. Fitur Shopee Live memberikan aku berbagai manfaat. Yang ku rasakan secara langsung saat menghadirkan sesi Live Stream pertama adalah bagaimana terlihat peningkatan signifikan terhadap pengunjung di Shopee. Selain respon positif yang sudah kurasakan dari konsumen setia brand ku, aku juga melihat adanya pengikut, pengunjung hingga pembeli baru yang tertarik terhadap sesi live stream dan produk yang kuhadirkan,” 

Sekali mendayung, dua tiga pulau terlewati, merupakan peribahasa yang dapat menggambarkan perasaan Madame Malla terhadap fitur Shopee Live. Bagi Malla, fitur ini tidak hanya dapat memperluas jangkauan produk-produk yang di tawarkan, tetapi juga membuka banyak peluang untuk dirinya. Baik bagi penjual maupun konten kreator. Jenis produk yang di hadirkan baik oleh Madame Malla, terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah produk-produk yang Malla beli dari berbagai UMKM dan brand lokal. Dan yang kedua adalah produk yang di produksi sendiri. Alasan Malla menghadirkan produk yang di beli dari brand lokal lain adalah untuk membuka peluang lebih besar. Sehingga semakin banyak pihak yang merasakan dampak dari pengaruh signifikan fitur Shopee Live. Dengan strategi tersebut, Malla tidak hanya memperluas ragam pilihan produk dari kategori fashion untuk pengikutnya, tetapi juga dapat mendorong potensi dari pelaku usaha lokal lainnya.

“Menurut ku, fitur Shopee Live dan Shopee Video telah berkontribusi besar untuk para penjual dan kreator. Banyak sekali manfaat yang di dapatkan baik secara pribadi maupun orang-orang sekitar yang ikut membangun brand ini. Belum lagi penghargaaan yang di dapatkan atas kerja keras tim, sehingga menjadi kebanggaan dan bisa ikut merasakan manfaatnya. Aku berharap, fitur-fitur Shopee seperti Shopee Live, Shopee Video dan Shopee Affiliate dapat terus menyajikan inovasi dan promosi menarik. Untuk pembeli maupun penjual demi menjaga ekosistem yang telah berjalan.  Melalui akun kreator Shopee Live ku, yaitu Madame Malla, senang sekali aku berhasil mendapatkan komisi lebih dari Rp 500 juta,” lanjut Madame Malla. 

Sesi Shopee Live Madam Malla tidak hanya di penuhi oleh berbagai promo menarik untuk produk-produk yang di tawarkan, tetapi juga keseruan interaksi Malla dalam menjawab pertanyaan pengguna. Konten-konten menarik yang dapat di jadikan inspirasi serta testimoni terkait produk yang akan di jual. Tidak lupa, untuk terus berkembang, Madame Malla dan suami terus mendengarkan masukan dan respon dari penonton. Ekosistem terintegrasi yang di miliki oleh Shopee, menurut Malla sangat membantu dalam menciptakan pengaruh berkesinambungan antar fitur. Untuk menarik semakin banyak pengguna menghadirkan sesi Shopee Live nya, Malla juga memanfaatkan Shopee Video untuk menghadirkan konten-konten menggunakan produk-produk dari kategori yang akan di jual saat live. Beberapa konten Shopee Video yang di hadirkan oleh Malla, yaitu Korean Style Hijab Friendly, Markispill atau Mari Kita Spill, Bergo Anak Rumahan hingga Hijab Anti Budek.

Fitur Shopee Live juga mengambil peran dalam perjalanannya sebagai pebisnis dalam industri fashion. Tidak hanya menjual dan membuka peluang bagi para pelaku usaha lokal dengan membeli produk-produk nya untuk di promosikan melalui sesi Shopee Live, Madame Malla juga menghadirkan rangkaian produk yang di produksi sendiri. Produk fashion yang merupakan hasil dari design Madame Malla, yang terinspirasi dari tren yang terus berputar.

Tumbuh dengan perubahan: Madame Malla Sasar Pasar Baru bersama Shopee Live 

Keinginan Madame Malla untuk menyasar pasar baru bukan hanya semata-mata untuk memaksimalkan potensi sebagai konten kreator, tetapi juga upaya dalam memperluas jangkauan brand nya yaitu Malla Fashion dan Camalla Exclusive. Malla Fashion merupakan brand pertama yang dengan menawarkan berbagai ragam produk fashion wanita. Setelah itu, melihat adanya permintaan yang tinggi terhadap produk-produk fashion dengan bahan premium, Camalla Exclusive pun lahir untuk menyasar pasar yang berbeda.

Sebelumnya, Madame Malla mengawali perjalanan bisnisnya secara konvensional. Di mana operasional dan penjualan di lakukan secara langsung di toko offline yang berlokasi di pasar tradisional. Akan tetapi, permintaan konsumen yang semakin menurun hingga sepinya penjualan yang menyebabkan penurunan omzet drastis. Merupakan dampak nyata yang di rasakan oleh Madame Malla sejak awal pandemi covid-19. Mencoba berbagai peruntungan dan upaya untuk mempertahankan bisnis yang sudah di bangun nya sejak tahun 2015. Madame Malla pun bergabung dengan Shopee pada tahun 2020.

“Mungkin pandemi menjadi titik balik yang menyadarkan. Bahwa kami sebagai pelaku usaha tidak bisa hanya diam di tempat dan harus berusaha bergerak dengan perubahan, khususnya di era digital. Aku berkata ke suami, bahwa mau tidak mau kita harus nyemplung dan coba belajar berjualan online. Saat itu lah kami bergabung dengan Shopee, mungkin bisa di bilang kurang lebih satu tahun pertama. Shopee menjadi medium yang membantu, sehingga orang dapat berbelanja produk Madame Malla dari mana saja. Lalu kami mulai fokus dan mengoptimalkan program dan fitur Shopee. Selain pengaruh signifikan dari Shopee Live yang telah saya ceritakan di awal, berbagai program Shopee seperti kampanye angka kembar, Fashion Day hingga Flash Sale juga memberikan dampak positif. Hanya dalam waktu satu tahun, kami merasakan peningkatan penjualan yang sangat pesat. Di tahun ini, Malla Fashion sendiri mengalami peningkatan produk terjual hingga 2 kali lipat saat mengikuti kampanye Shopee,” lanjut Madame Malla.

Selain secara bertahap mendalami program yang di tawarkan Shopee dan membuahkan peningkatan penjualan yang signifikan. Madame Malla melihat bahwa ada nya pergeseran perilaku belanja online masyarakat Indonesia. Sejak awal mendirikan Malla Fashion dan Camalla Exclusive, Madame Malla dan suami terus membangun strategi dengan melakukan riset seperti apa tren dan kebutuhan yang di cari oleh konsumen.

“Selain program dan kampanye angka kembar yang membawa pasar baru terhadap Malla Fashion. Pada tahun tersebut kami mulai mempelajari mengenai fitur Shopee Live. Pada tahun 2023, dengan adanya tambahan SDM serta peralatan penunjang live stream, akhirnya kami memberanikan diri untuk memaksimalkan fitur Shopee Live untuk berjualan. Walau di awal masih banyak hal yang perlu kami pelajari, tetapi kami berjalan bertumbuh bersama fitur ini. Kami sangat mengapresiasi bagaimana Shopee Live memberikan kemudahan bagi kami penjual maupun pembeli. Bahkan kami merasakan, terdapat beberapa keunggulan pada fitur Shopee Live yang belum di miliki oleh platform lain. Seperti booster live, klaim koin, lelang produk hingga hal lainnya yang dapat membantu pelaku usaha untuk semakin meningkatkan daya tarik sesi live stream nya,” lanjut Madame Malla

Bagi Malla, mengambil hati konsumen merupakan tantangan awal bagi para pelaku usaha. Tetapi mempertahankan loyalitas konsumen terhadap brand dan produk yang di hadirkan bukanlah hal yang mudah. Maka dari itu, dengan persaingan industri fashion Indonesia yang ketat, Malla merasakan pengaruh dan dampak yang luar biasa positif setelah bergabung dan berjalan bersama Shopee.

Jadi jangan sampai terlewat, nikmati ragam promo terbaik dan penuhi koleksi produk fashion lokal favoritmu di Shopee! Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.(***)