Pentingnya Membina Talenta Digital di Era Industri 4.0

Trenddjakarta.com, Niagahoster, 13 Mei 2022 – Pandemi Covid-19 yang sudah memasuki tahun ketiga semakin mendorong teknologi informasi dan komunikasi menjadi bagian integral dalam kehidupan manusia. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, pemerintah pun melakukan percepatan dalam transformasi digital di berbagai lini.

Era industri 4.0 yang ditandai oleh pemanfaatan internet di hampir seluruh sektor kehidupan, membutuhkan kontribusi dunia pendidikan Indonesia agar masyarakat dapat terus menyesuaikan diri dengan perubahan dunia yang semakin cepat. Pendidikan yang merupakan kunci penerus peradaban memegang peranan penting dalam era tersebut.

Pendidikan tidak hanya terbatas pada bangku sekolah, namun juga bisa disesuaikan dalam berbagai bentuk pembinaan yang efektif. Dalam kesempatan Y20 Pre-Summit of Indonesia’s G20 Presidency pada 24 April lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan akan terus mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan talenta digital Indonesia secara komprehensif dan mengajak pemuda Indonesia memanfaatkan program pengembangan talenta digital agar bisa mengoptimalkan transformasi digital pasca pandemi Covid-19.

“Program pengembangan Talent Digital yang dikembangkan oleh Kementerian Kominfo dapat menjadi tolok ukur bagi negara dan negara lain untuk membina talenta digital yang mungkin tidak hanya mendapat manfaat tetapi juga mengoptimalkan transformasi digital,” ujarnya.


Menyiapkan Anak Muda Berliterasi Digital Tinggi

Indonesia dengan jumlah penduduk usia produktif mencapai lebih dari 191 juta orang pun perlu mulai menyiapkan anak-anak muda yang memiliki literasi digital tinggi dan mampu berinovasi. Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam sambutannya pada acara Pre-Summit 2 Youth20 (Y20) Indonesia 2022: Transformation Digital pada 23 April lalu, mengatakan bahwa pada tahun 2030 Indonesia akan membutuhkan 17 juta tenaga kerja untuk ekonomi digital.

Sebagai perusahaan IT yang memiliki misi membantu jutaan masyarakat Indonesia memaksimalkan potensi internet, Niagahoster ikut berkontribusi mengedukasi masyarakat lewat Niagahoster Course, Development Program, dan event-event webinar, workshop, hingga talkshow yang mengangkat tema IT dan digital marketing yang dilaksanakan secara gratis.

Gelombang teknologi baru seperti jaringan 5G, Internet of Things, artificial intelligence, dan cloud computing, membutuhkan pemahaman lebih mendalam sebelum bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital.

Untuk memfasilitasi pengetahuan yang lebih advance, Niagahoster juga mengadakan event tahunan WebSight by Niagahoster yang memiliki tujuan untuk membangun diskusi mengenai isu, update, dan perkembangan website. Briggita Sekar, Event Specialist Niagahoster, mengatakan, para peserta bisa tahu langkah yang harus diambil untuk menghadapi dunia digital yang terus berubah sesuai bidang mereka masing-masing lewat acara tersebut.

Perusahaan Harus Terus Mengembangkan Talenta Digital

Pada era digital yang terus berkembang dan berubah dengan sangat cepat, perusahaan yang bergerak pada industri digital juga memiliki tanggung jawab untuk terus mengembangkan SDM atau talenta yang dimiliki untuk bisa beradaptasi dengan perubahan yang pesat, sehingga bisa memberikan solusi digital yang paling relevan bagi masyarakat.

Niagahoster merupakan salah satu perusahaan IT yang benar-benar mengikuti arus perkembangan digital dan tidak pernah lelah untuk mengembangkan SDM yang dimiliki. Berbagai kegiatan dilakukan agar SDM dapat mudah beradaptasi dengan perubahan, bisa terus update pengetahuan dan skill, juga agar SDM tidak kalah saing di dunia yang terus bergerak.

“Kami sangat mendukung seluruh Hoster Ranger (karyawan Niagahoster) untuk terus mengasah skillnya dengan memfasilitasi mereka untuk mengakses buku dan bahan bacaan menarik, mengikuti training, course, atau kelas-kelas yang relevan,” kata Fitrana Amalia, People Experience Team Lead Niagahoster.

Berbagai fasilitas disiapkan oleh Niagahoster demi terus mengembangkan talenta SDM yang dimiliki. Dari mulai online course sesuai minat, online training sesuai kebutuhan, menyediakan perpustakaan offline dan online berisi buku-buku terbaik yang membantu meningkatkan keterampilan, serta pelaksanaan sharing session oleh para pakar dengan tema peningkatan skill yang dibutuhkan setiap tim untuk terus berkembang.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published.