Dukung Ketahanan Kesehatan Nasional, Kalbe Produksi Insulin Dalam Negeri

Trenddjakarta.com, Jakarta, 12 Oktober 2022.  PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) terus mendukung upaya ketahanan kesehatan nasional, salah satunya dengan memproduksi di dalam negeri produk insulin bermerek Ezelin. Produk yang akan diproduksi oleh anak usaha Kalbe yakni PT Kalbio Global Medika ini merupakan obat anti-diabetes yang mengandung insulin glargine. Selain itu, Kalbe juga akan memasarkan insulin glargine generik.

“Kalbe berusaha meningkatkan produksi obat dalam negeri melalui implementasi instrumen TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri), sebagai bagian dari upaya mendukung program pemerintah untuk membangun ketahanan kesehatan nasional yang lebih kuat,” kata Direktur PT Kalbe Farma Tbk, Mulialie.

Mulialie menjelaskan, Ezelin menjadi jawaban atas kebutuhan obat bagi pasien diabetes di Indonesia. Ia menambahkan bahwa Ezelin merupakan produk dalam negeri dengan kualitas profil efikasi dan keamanan yang sama dengan produk originator, namun dengan harga yang terjangkau.
Berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF), terdapat 19,5 juta warga Indonesia yang mengidap diabetes pada tahun 2021. Bahkan pada tahun 2030, diprediksi diabetes menempati posisi ketujuh sebagai penyebab kematian tertinggi di dunia.

“Ezelin merupakan bagian dari ekosisistem Diabetes Total Solution Kalbe yang difokuskan untuk membantu pasien diabetes agar mendapatkan terapi yang tepat. Ezelin sendiri telah masuk dalam formularium nasional dan E-katalog obat,“ tutur Mulialie.

Diabetes Total Solution adalah ekosistem layanan Kalbe untuk terapi diabetes. Ekosistem ini meliputi obat resep anti diabetes dan komplikasinya, nutrisi khusus pasien diabetes Diabetasol, alat cek gula darah mandiri Elvasense, serta platform digital KlikDiabetes yang menjadi bagian dari platform digital KlikDokter.

Dari sisi farmakologi, insulin glargine adalah analog insulin manusia dalam larutan asam (pH 4), yang setelah disuntikkan akan melepaskan insulin glargine secara perlahan dalam konsentrasi yang relatif konstan selama 24 jam. Hal ini menyebabkan insulin glargine yang disuntikkan sekali sehari dapat mengontrol kadar glukosa darah harian. Insulin glargine memiliki aktivitas menurunkan kadar glukosa darah dengan cara merangsang pengambilan glukosa oleh otot rangka dan lemak, serta menghambat produksi glukosa hati.(Td/Eff)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.