Terapkan K3 yang Optimal, Sejumlah Perusahaan Raih Penghargaan Indonesia Safety Excellence Award 2022

Trenddjakarta.com – Bandung- Sumber Daya Manusia (SDM) membawa pengaruh penting terhadap keberhasilan perusahaan. Pasalnya manusia merupakan aset hidup yang harus diperhatikan secara khusus oleh perusahaan. Kenyataan bahwa manusia sebagai aset utama itulah yang menjadi pengaruh penting bagi perusahaan.

Oleh karena itu, sudah semestinya SDM tersebut mendapatkan perhatian serius dan dikelola dengan sebaik mungkin. Hal itu perlu dilakukan agar SDM yang dimiliki perusahaan mampu memberikan kontribusi yang optimal, dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan melalui beberapa aspek yang mempengaruhinya, termasuk kepemimpinan dan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Sedangkan, menurut data yang dirilis oleh BPJS Ketenagakerjaan yang disampaikan oleh Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia, Ida Fauziyah pada 2022 sendiri telah terjadi kecelakaan kerja sebanyak 61.805 kasus dan penyumbang terbanyak kecelakaan kerja tersebut merupakan tenaga kerja yang berusia muda.

Untuk itu, guna mencapai produktivitas kinerja yang meningkat dan menekan tingginya angka kecelakaan kerja, perusahaan perlu melakukan berbagai upaya pendekatan dan sosialisasi K3 yang lebih intens dan inovatif. Khususnya kepada kaum muda di perusahaan agar semakin peduli dalam melaksanakan K3 di tempat kerja.

Di sisi lain, Majalah First Indonesia menyakini bahwa upaya-upaya tersebut telah dilakukan beberapa perusahaan terbaik di Indonesia. Atas hal itu, Indonesia Safety Excellence Award (ISEA) 2022 oleh Majalah First Indonesia hadir untuk mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas implementasi K3 dalam setiap kegiatan bisnis perusahaan.

Kegiatan ISEA 2022 ini diselenggarakan oleh First Indonesia, bersama PT Indonesia Popular Mandiri dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana perusahaan merumuskan kembali visi dan misi yang lebih adaptif dalam menghadapi situasi yang semakin turbulens, meningkatkan produktivitas pekerja, pengetahuan, keterampilan dan juga kompetensi pekerja dalam bidang K3 di lingkungan kerja.

Bukan hanya itu, tujuan kegiatan ISEA 2022 ini juga untuk mengidentifikasi berbagai risiko yang kemungkinan terjadi melalui manajemen krisis yang berfokus pada pengurangan risiko dan dampaknya, bagaimana rencana-rencana mitigasi yang akan dilakukan, serta bagaimana aspek kepemimpinan (leadership) yang disiapkan sesuai dengan acuan SMK3 secara nasional dan OHSAS 18001:2007 secara internasional.

Lebih lanjut, Ketua penyelenggara, Maya Yulianti menyebut dalam praktiknya hal itu tentu menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan demi menjalankan bisnisnya dan demi kesejahteraan SDM perusahaan serta sekitarnya.

“Dalam menghadapi persaingan bisnis, perlu dilakukan langkah-langkah antisipatif terutama pada aspek K3 yang mana harus dipersiapkan oleh perusahaan-perusahaan baik itu swasta maupun BUMN yang ada di Indonesia dengan melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas kinerja bisnis sehingga dapat menghasilkan sistem bisnis yang ideal,” tutur Maya.

Adapun acara puncak penghargaan ISEA 2022 dihelat dengan mengusung tema “Penerapan budaya K3 pada setiap kegiatan usaha guna mendukung perlindungan tenaga kerja di era digitalisasi”, yang digelar di Amartaputa Ballroom-El Hotel Royale Bandung pada Kamis (20/10/2022).

Berikut ini perusahaan-perusahaan yang telah berhasil meraih penghargaan ISEA 2022, antara lain:
– PT Victory Chingluh Indonesia
– PT Eastern Pearl Flour Mills
– KSO Terminal Petikemas Koja
– PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk
– PT PLN Nusantara Power
– PT PLN Batam
– PT Hutama Karya (Persero)
– PT Wisma Nusantara International
– PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit VI Balongan
– PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju
– PT Pertamina Trans Kontinental
– PT Pertamina Lubricants
– PT Trakindo Utama
– PT Kereta Commuter Indonesia
– PT Pupuk Sriwidjaja Palembang
– PT PP ( Persero) Tbk
– PT PELNI (Persero)
– PT Jasa Marga (Persero) Tbk
– PT Virama Karya ( Persero)
– PUDAM Tirtalawu Kabupaten Karanganyar
– PT Waskita Karya (Persero) Tbk
– PT Brantas Abipraya (Persero)
– PT Petrosea Tbk
– PT Hakaaston
– PT Global Dairi Alami
– PT Astra Tol Nusantara
– Divisi LRT Jabodebek PT Kereta Api Indonesia
– AirNav Indonesia
– PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk
– PT POS Indonesia (Persero)
– PT Jakarta Propertindo (Perseroda)
– PT Cogindo DayaBersama
– PT Solusi Bangun Indonesia Tbk
– PT Propan Raya ICC
– PT Vopak Terminal Merak
– Perum Jasa Tirta II
– PT Dirgantara Indonesia (Persero)
– PT Angkasa Pura II (Persero)
– PT Pertamina Patra Niaga

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.