GHRM Untuk Hadapi Era VUCA

Trenddjakarta.com, YOGYAKARTA – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman menyampaikan perlunya Gaya Kepemimpinan Strategis Green Human Resource Management (GHRM) untuk menghadapi era Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA).

Hal ini disampaikan Kasad saat menjadi narasumber dalam acara Executive Lectures Series kelima yang digelar Magister dan Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan (MDKIK) Sekolah Pascasarjana UGM dan Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan (PSKK) UGM di Balai Senat Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Senin, (24/10/2022).

Dikatakan Kasad, dalam menghadapi era VUCA dibutuhkan pemimpin yang mampu beradaptasi, mempertahankan fleksibilitas, berpikir secara strategis, dan berani mengambil keputusan beresiko untuk mengantisipasi perubahan demi masa depan yang lebih baik.

“Agar gaya kepemimpinan ini dapat dilaksanakan dengan optimal, diperlukan Green Human Resource Management (GHRM) yaitu kemampuan menciptakan lingkungan yang kondusif, nyaman, dan aman, serta lingkungan yang mampu menciptakan energi bagi rekan dalam mencapai tujuan,” ujarnya.

Untuk mewujudkan GHRM ini, lanjut Jenderal Dudung, maka pemimpin harus membangun kapasitas dirinya sebagai pemimpin yang dihormati, diidolakan, dikagumi, dicintai, diidamkan dan diharapkan.

Diakhir pemaparannya, Jenderal Dudung mengajak para mahasiswa untuk dapat menyiapkan diri menghadapi era VUCA, dengan menjadi pemimpin yang berani mengambil keputusan serta mampu melibatkan dan memimpin seluruh komponen bangsa dalam mencapai tujuan serta cita-cita bangsa dan negara.

“Kalian (mahasiswa) harus yakin kepada diri sendiri. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang ada di diri kalian, mari bersama kita membangun Indonesia menjadi lebih maju,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor UGM Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG (K), Ph.D, dan Dekan Sekolah Pascasarjana UGM Prof. Ir. Siti Malkhamah, M.Sc., Ph.D menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Jenderal Dudung yang bersedia memberikan kuliah umum tentang kepemimpinan strategis kepada para mahasiswa UGM. Keduanya pun berharap pengalaman dan pemikiran yang dibagikan Jenderal Dudung ini dapat menjadi bekal pengetahuan serta inspirasi jika kelak para mahasiswa ini menjadi pemimpin.

Acara Executive Lectures Series ini dihadiri secara langsung oleh beberapa pejabat di lingkungan Rektorat, Dekan, Ketua Departemen, Kaprodi, dan 120 mahasiswa S-2 dan S-3 di UGM serta peserta yang mengikuti secara daring melalui Zoom Meeting.(Dispenad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.