FJB 2022 Dikunjungi Sederetan Pejabat Negara yang Ikut Mendorong Semangat Masyarakat untuk Kenali, Banggakan, dan Lestarikan Kuliner Indonesia

Trenddjakarta.com, Jakarta, 30 Oktober 2022 – Di hari terakhir penyelenggaraannya, Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 mendapatkan kunjungan dari sejumlah tamu kehormatan. Mereka adalah Sandiaga Uno – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Retno Marsudi – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, dan Budi Karya Sumadi – Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Turut hadir pula Triawan Munaf – Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI (Bekraf RI).
Secara kolektif, mereka menyatakan apresiasi dan kebanggaan terhadap penyelenggaraan FJB setiap tahunnya, dan menyampaikan harapan mereka terhadap kontribusi festival kuliner akbar ini terhadap kemajuan industri kuliner tanah air.

Retno Marsudi menyampaikan pandangannya, “Saya kira FJB adalah sangat bagus, bagaimana kita bisa men-showcase berbagai macam makanan Indonesia. Showcase semacam ini perlu dipersering. Masyarakat itu akan terbiasa kalau sering menemukan; menemukan makanan-makanan Indonesia yang enak, mudah didapat, dan sebagainya. Jadi saya cukup optimis bahwa kalau kita semua merawat makanan Indonesia dan pada akhirnya menyukainya, maka akan mudah bagi kita untuk mempromosikan juga makanan itu keluar negeri. Mari kita bersama sangga dan promosikan makanan Indonesia agar lebih mendunia.”

Sementara, Budi Karya Sumadi menyampaikan, “Apa yang Bango lakukan melalui festivalfdsaZ ini satu sisi secara makro merupakan upaya korporasi yang memang memberikan suatu kebanggaan bagi bangsa. Tetapi ingat, pelaku UMKM yang terlibat ini harus terus dilindungi, bahkan saya mengusulkan kecap Bango bikin cluster seperti ini juga di Singapura, Malaysia, Belanda dan Saudi karena saat kita ada di luar negeri, pasti kita merasa kangen dengan makanan Indonesia. Bango dengan korporasinya bisa mengangkat ini dan menjadikannya satu kekuatan.”

Triawan Munaf tak ketinggalan memberikan apresiasi, “Saya ucapkan terima kasih kepada Unilever dan kecap Bango yang secara konsisten, kecuali pandemi kemarin, untuk terus mengadakan Festival Jajanan Bango yang sudah ditunggu banyak orang tiap tahunnya. Karena di situlah semua jagoan-jagoan kuliner dari seluruh Indonesia dikumpulkan dengan citarasa orisinilnya. Bersama Festival Jajanan Bango, #KenaliRasanyaIndonesia.”

Sandiaga Uno yang ikut hadir untuk memberikan semangat kepada para legenda kuliner FJB 2022 yang tidak kenal lelah memuaskan selera puluhan ribu pecinta kuliner sejak Jumat (28/10) lalu ikut menyampaikan, “Di momentum kebangkitan setelah pandemi, Kemenparekraf akan terus mengawal agar kegiatan-kegiatan seperti FJB ini bisa terus berkelanjutan. Apalagi, Festival Jajanan Bango adalah festival kuliner terbesar di Indonesia dengan target 100.000 pengunjung. Pesan saya, FJB harus 3G: Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama) dan Gaspol (garap semua potensi untuk buka lapangan usaha dan lapangan kerja). Sukses terus untuk Bango dan FJB!”.(Td/Eff)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *