MAN 1 Bogor Menggelar Seminar dan Launching Buku Antopologi Puisi untuk Merayakan Hari Pahlawan

Trenddjakarta.com – Bogor, Soekarno pernah berkata “Jangan melupakan sejarah” (Jas Merah) bangsa indonesia kaya akan sejarah terutama tentang pahlawan yang membawa kemerdekaan negeri ini dan selalu diperingati setiap tanggal 10 November.

Sebagai warga Negara Indonesia sudah sepantasnya mensyukuri anugrah Tuhan Yang Maha Esa memberikan kemerdekaan melalui perjuangan para pendahulu kita yang disebut pahlawan kemerdekaan, dan menjadikan souri tauladan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Siswa/i Madrasah Aliyah Negeri 1 Bogor memperingati hari pahlawan dengan membuat karya buku Antologi Puisi yang berjdul “Pahlawan Inspirasiku”. Yang di launchingkan bertepatan pada hari Pahlawan Nasional di lapangan MAN 1 Bogor, Cirimekar Cibinong Kabupaten Bogor, Kamis (10/11/2022).

Acara launching tersebut di hadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor, Ahmad Syukri, Kepala MAN 1 Bogor ; N. Nani Ruhyani, Kepala Tata Usaha MAN 1 Bogor ; Rahmatullah , Miss Indonesia 2022 ; Audrey Vanessa, Penulis Novel Dikta dan Hukum ; Dhia’an Farah, serta Penulis Buku Tinta – Tinta Kehidupan ; Rizki Indrawan.

Agenda diawali dengan upacara peringatan hari pahlawan, dilanjutkan dengan launching buku Antologi Puisi “Pahlawan Inspirasiku” kemudian diakhiri dengan talkshow bersama Miss Indonesia dan Penulis buku “Dikta dan Hukum” dan Penulis Buku “Tinta – Tinta Kehidupan”.

Ketua panitia pelaksana Gaharu Bimo Pamungkas mengatakan, puisi tersebut merupakan bukti kecintaan siswa/i MAN 1 Bogor terhadap para jasa pahlawan yang di ungkapkan melalui karya puisi.

“Ini adalah bukti kecintaan dan jiwa nasionalisme para siswa/i MAN 1 Bogor terhadap para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia, hari ini kita mengungkapkan kecintaan kepada negeri melalui puisi, esok mendatang kita buktikan kecintaan kita terhadap Indonesia dengan menjadi anak bangsa yang bisa membawa harum negara di kancah dunia,” ungkap Bimo.

Kepala MAN 1 Bogor Nani Ruhyani mengungkapkan dalam sambutanya, buku karya siswa/i MAN 1 Bogor yang berjudul pahlawan Inspirasiku, benar-benar menginspirasi siapa saja yang membacanya, buku tersebut menggambarkan hal yang tidak mudah namun bukan berarti tidak bisa.

“Karya puisi tersebut sangat menginspirasi siapa saja yang membacanya, puisi tertuang dari dinamika proses pembelajaran.

Pahlawan Inspirasiku menggambarkan hal yang tak mudah namun bukan berarti tidak bisa. Anak-anak siswa/i MAN 1 Bogor yang kini sedang menuntut ilmu berusahalah terus tanpa jemu, memantaskan diri seiring menata hati, selaras dengan spirit para pahlawan yang telah memerdekan bangsa ini”,ungkapnya.

Ahmad Syukri sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor mengaku bangga terhadap para siswa/i MAN 1 Bogor yang sudah menuliskan puisi yang mempunyai makna dalam, puisi tersebut sudah mampu menyampaikan amanat atau pesan tentang pahlawan kemerdekaan.

“Dalam kumpulan puisi tersebut banyak sekali ditemukan kata-kata perlambang dan kata-kata konotasi yang bermakna dalam,
saya melihat ini adalah karunia Allah, bahwa penggiat seni muda anak-anak MAN 1 Bogor sudah mampu menyampaikan amanat atau pesan dalam ungkapan tersembunyi dan amanat yang selaras dengan tema pahlawan kemerdekaan Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama Rizki menyampaikan, pemuda khususnya siswa MAN 1 Bogor, tetap terus semangat berkarya, jangan pernah malu dengan karya sendiri, terus belajar walaupun belajar dari kesalahan diri sendiri. Tetap berusaha untuk jadi orang yang bermanfaat dan bahkan bisa menginspirasi banyak orang, untuk kata spesial pada hari pahlawan ini, “jadi pahlawan versi mu sendiri,” pahlawan yang senantiasa melakukan kebaikan walaupun hanya tidak membuang sampah sembarangan, jadilah pahlawan walaupun ditengah keterbatasan karena pada hakikatnya pahlawan itu bukan hanya yang tertera dalam sejarah tapi kita pun bisa menjadi pahlwan versi kita sendiri, pungkas Rizki.(Td/Eff)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.