Cetak Pemuda Berprestasi Internasional, Borneo Youth Camp 2023 menjadi Inisiasi Pertama yang menerapkan nilai SDGs di Pontianak, Kalimantan Barat

trenddjakarta.com – 400 anak muda hadir di Borneo Youth Camp 2023, program internasional yang diselenggarakan oleh OIC Youth Indonesia, DPD IMM Kalimantan Barat, dan NYC Indonesia, dengan dukungan dari Asian African Youth Government (AAYG), Eurasian Regional Center of Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF-ERC), Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Kubu Raya, DPP IMM, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenko PMK RI, Plasticpay, DPP PPMI, MPR RI. Acara ini bertujuan untuk memberdayakan anak muda dan mempromosikan keberlanjutan.

Acara pembukaan dan sesi panel telah dilangsungkan pada tanggal 12 Mei 2023 di Kalimantan Barat, Indonesia. Para peserta diharapkan membawa 4-5 botol plastik bekas sebagai tiket masuk.

Acara pembukaan dihadiri oleh lebih dari 400 audiens yang terdiri dari pemimpin daerah, tokoh masyarakat, akademisi, serta para peserta Borneo Youth Camp 2023. Beberapa tokoh penting yang memberikan sambutan di antaranya:

H.E. Muda Mahendrawan – Bupati Kubu Raya

H.E. Ahmad Muzani – Wakil Ketua MPR RI

Selain itu, terdapat juga para pemimpin organisasi yang mendukung acara ini, seperti:

Ms. Dewi Pramodhawardhani – Project Officer, Borneo Youth Camp 2023

Mr. Fadhil Mahdi – Ketua DPD IMM Kalimantan Barat

Ms. Astrid Nadya Rizqita – Presiden OIC Youth Indonesia

Mr. Vusal Gurbanov – Acting Director General, Eurasian Regional Centre of ICYF

Mr. Tantan Taufiq Lubis – Wakil Presiden ICYF dan Ketua Indonesia NYC

Beberapa tokoh penting lainnya yang memberikan sambutan di antaranya:

Mr. Abdul Musawir Yahya – Ketua Umum DPP IMM

Mr. Irjen Pol Pipit Rismanto – Kepala Kepolisian Kalimantan Barat

Mdm. Windy Prihastari – Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Barat

Mdm. Prof. Winarni Dien Monoarfa – Penasihat Senior Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk Energi

H.E. Maman Abdurrahman – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI

Para menteri juga turut memberikan sambutan pada acara pembukaan, yaitu:

H.E. Ario Bimo Nandito Aritedjo – Menteri Pemuda dan Olahraga RI

H.E. Tenten Masduki – Menteri Koperasi dan UKM RI

H.E. Sandiaga Uno – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

H.E. Muhadjir Effendy – Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

Mr. Taha Ayhan – Presiden Islamic Coorperation Youth Forum (ICYF)

Selain itu, para peserta juga akan diberikan kesempatan untuk belajar dari para pemimpin dan pakar dalam bidang lingkungan, pembangunan berkelanjutan, dan kewirausahaan sosial melalui rangkaian acara yang penuh inspirasi dan bermanfaat. Pada upacara pembukaan nanti, terdapat beberapa keynote speech yang akan disampaikan oleh tokoh-tokoh penting seperti Bapak Muda Mahendrawan – Bupati Kubu Raya, dan Bapak Ahmad Muzani – Wakil Ketua MPR RI. Selain itu, ada juga beberapa sambutan penyambutan dari berbagai pihak yang terlibat dalam program ini.

Program Borneo Youth Camp 2023 ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Kubu Raya, DPP IMM, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Juga didukung oleh Asian African Youth Government (AAYG) dan Eurasian Regional Center of Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF-ERC). Peserta diharapkan membawa 4-5 botol plastik bekas sebagai tiket masuk ke acara ini. Selain itu, mereka juga akan dihadirkan dengan berbagai acara menarik, seperti panel, Focus Group Discussion, dan aksi menanam pohon.

Selain serangkaian pidato dari para pemimpin nasional dan internasional, acara Borneo Youth Camp 2023 juga menampilkan tiga sesi panel yang menarik dan bermanfaat bagi para peserta, dengan topik yang sangat relevan dan menantang. Sesi pertama membahas topik Green Economy and Entrepreneurship, dengan menghadirkan para ahli dan praktisi bisnis yang sukses dalam membangun usaha yang berkelanjutan dan ramah lingkungan salah satunya Plasticpay yang diwakili langsung oleh Pak Yan Kurniawan selaku COO Plasticpay. Dampak Sosial yang telah dilakukan oleh Plasticpay dari tahun 2020 hingga tahun 2023, setidaknya ada lebih dari 62.380+ Jumlah Transaksi yang dilakukan oleh Plastic Hero Plasticpay, 30+ Kolaborator yang terlibat pada Program Sirkular Ekonomi Bersama Plasticpay, 40.000 Masyarakat telah berpartisipasi pada pemilahan sampah botol plastic atau ekuivalen dengan 77,2 Ton Sampah Botol Plastik berhasil terpilah dan didaur ulang menjadi Produk Upcycle serta telah tersedia 600+ Dropbox, 60+ Reverse Vending Machine Plasticpay di area Jabodetabek, Bandung dan Bali, Ujar Imam selaku Corporate Communication Plasticpay.

Sesi kedua adalah Interfaith Dialogue and Leadership for Environment, yang akan membahas pentingnya dialog antar agama dan kepemimpinan dalam mempromosikan keberlanjutan dan pelestarian lingkungan hidup. Para peserta akan belajar tentang cara-cara untuk membangun kerjasama yang harmonis antara pemeluk agama yang berbeda dan mengembangkan kepemimpinan yang efektif dalam memajukan isu-isu lingkungan hidup. Sesi ketiga adalah Advancing Youth in STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), yang akan membahas cara-cara untuk mempromosikan partisipasi anak muda dalam bidang STEM dan mempersiapkan mereka untuk berkarir dalam bidang ini. Para pembicara di sesi panel ini akan berbagi pengalaman mereka dan memberikan saran tentang cara-cara untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh anak muda yang tertarik dalam STEM.

Ketiga sesi panel ini diharapkan akan memberikan wawasan yang bermanfaat dan membantu para peserta untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan yang kompleks di masa depan, khususnya dalam bidang keberlanjutan dan lingkungan hidup. Dengan audiens sebanyak 400 orang, acara ini akan memberikan kesempatan yang baik bagi para peserta untuk berinteraksi dan belajar dari para ahli dan pemimpin nasional dan internasional yang terkemuka.

Kami berharap bahwa melalui program ini, para peserta dapat memperluas pengetahuan mereka dalam bidang lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, serta memperoleh pengalaman yang berharga dalam membangun hubungan dan jaringan internasional dengan sesama pemuda dari berbagai negara.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *