Sampoerna University Sukses Menduduki Peringkat ke-7 dalam Nature Index 2023

Sampoerna University Sukses Menduduki Peringkat ke-7 dalam Nature Index 2023

trenddjakarta.com, Jakarta, 2 Februari 2024 – Institusi pendidikan tinggi berstandar dunia. Sampoerna University sukses menduduki peringkat ke-7 dalam Nature Index 2023, yang baru saja di rilis. Dengan nilai share 0,40 dalam jurnal Internasional terkemuka selama periode penelitian 1 September 2022 hingga 31 Agustus 2023. Pencapaian ini menjadikan Sampoerna University masuk dalam dua besar universitas swasta dari 10 besar jajaran universitas terkemuka di Indonesia. Pemeringkatan ini memberikan gambaran mengenai riset institusi berdasarkan bidang keilmuan. Seperti biologi, kimia, kebumian dan lingkungan, kesehatan dan fisika.

Presiden Sampoerna University, Dr. Marshall Schott menyatakan, “Kami bangga melihat Sampoerna University terus muncul sebagai kekuatan utama dalam penelitian ilmiah di Indonesia. Keberadaan kami di peringkat ke-7 adalah bukti nyata komitmen kami terhadap pendidikan berstandar dunia. Dan fokus yang tak tergoyahkan pada penelitian dan riset. Pencapaian ini mencerminkan kualitas riset yang di lakukan oleh fakultas dan peneliti di Sampoerna University. Sekaligus menegaskan posisi universitas sebagai salah satu pusat pengetahuan dan inovasi terkemuka di Indonesia.”
“Kami percaya bahwa melalui pendekatan ini tidak hanya membentuk pemimpin masa depan tetapi juga berkontribusi nyata pada kemajuan ilmiah global. Sampoerna University tetap berkomitmen untuk memberdayakan para mahasiswa dengan pengetahuan yang relevan dan inovatif. Mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan global dengan kepercayaan diri dan kemampuan yang unggul,” tambahnya.

Sampoerna University menempati peringkat ke-4 dalam subjek riset Ilmu Fisika dan ke-5 dalam kategori jurnal Ilmu Sains. Peringkat ini menegaskan keunggulan multidisiplin ilmu dari Sampoerna University dalam kontribusi signifikan mereka pada berbagai bidang ilmiah.

Artikel yang menempatkan Sampoerna University pada peringkat  yang tinggi dalam Nature Index 2023 berjudul “Minimal Length, Nuclear Matter and Neutron Stars”. Yang di terbitkan pada The European Physical Journal C Vol. 82:884. Riset ini di lakukan oleh Dr. Ilham Prasetyo dan  Idrus Belfaqih, M.S., Dosen Fisika Sampoerna University. Yang keahlian & dedikasinya mencerminkan kualitas riset yang di lakukan di Sampoerna University.

Nature Index adalah suatu indeks yang di susun oleh Nature Research. Yakni divisi penerbitan ilmiah dari Nature Publishing Group. Proses penilaian dalam Nature Index di lakukan dengan mempertimbangkan keluaran atau output publikasi ilmiah suatu institusi. Kriteria ini mencakup jumlah dan kualitas artikel yang di publikasikan dalam jurnal internasional selama periode penelitian.

Posisi Sampoerna University dalam peringkat tersebut menunjukkan dedikasi & kontribusi yang konsisten dalam menghasilkan pengetahuan & memajukan dunia riset di Indonesia.

“Sampoerna University terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas riset dan kontribusinya dalam menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan dunia akademis. Dengan semangat keunggulan akademik. Sampoerna University siap melangkah maju sebagai pusat riset yang berdaya saing tinggi. Dan berdampak positif pada perkembangan ilmiah di Indonesia,” tutup Dr. Schott.

(***)