Persiapan Menuju Album Debutnya, Serdadu Sam Merilis Single “The Lady With The Sapphire In Her Eyes”

Persiapan Menuju Album Debutnya, Serdadu Sam Merilis Single “The Lady With The Sapphire In Her Eyes”.
trenddjakarta.comMenyambung rilisan single “Setengah Tiang” yang merupakan intepretasi ulang dari karya Harry Roesli pada Oktober 2023. Serdadu Sam kembali merilis single terbarunya “The Lady with The Sapphire in Her Eyes”. Melalui kerja sama dengan label rekaman demajors.

Terdapat banyak hal yang membuat lagu “The Lady with The Sapphire in Her Eyes” akan di rasakan berbeda dengan lagu-lagu Serdadu Sam yang telah rilis lainnya.

“Ini lagu yang di buat saat saya sedang sangat kesepian akibat di karantina sendirian selama sepuluh hari. Kesepian dan rindu pada keluarga ternyata dapat memberikan energi yang cukup deras untuk menciptakan sesuatu,” ujar kmacallo, sosok di balik moniker Serdadu Sam.

“Lagu ini mungkin satu-satunya lagu yang saya tulis dari nol sampai selesai. Dan bahkan sampai menjadi demo utuh hanya dalam beberapa jam saja. Biasanya butuh waktu lama untuk saya menyelesaikan proses penulisan satu lagu,” tambahnya.

Serdadu Sam menambahkan bahwa walaupun “The Lady with the Sapphire in Her Eyes” adalah lagu yang lahir dari kesepian dan kerinduan, namun mood lagunya justru upbeat bukan melankolis. Serdadu Sam juga memilih progresi chords yang relatif lebih simpel dengan durasi yang terhitung singkat di banding lagu-lagunya yang lain.

“Saya tidak memiliki referensi musik tertentu saat menulis lagu ini. Prosesnya benar-benar mengalir semata-mata karena keinginan menulis sesuatu untuk yang menunggu saya di rumah,” tuturnya menjelaskan.

Lagu ini juga menegaskan bahwa Serdadu Sam tidak ingin proses kreatifnya di batasi atau di kurung dalam format maupun genre tertentu saja.

“Saya tetap berpegang pada metode kerja menangkap dan meresapi semua nada, sound, lirik, tempo maupun birama yang melintas di kepala. Kemudian saya tuangkan dan ramu di aplikasi garageband saya,”.

Single “The Lady with the Sapphire in Her Eyes” masih di produseri Serdadu Sam bersama dengan Fay Ismail. Pada lagu ini Serdadu Sam mengisi vokal utama dan tambahan keyboards. Lalu di dukung oleh musisi kontributor handal yaitu Rishanda ‘Sanip’ Singgih pada bass, keyboards dan synthesizer. Rama Moektio mengisi drums, semua gitar di percayakan pada Denny Chasmala. Lalu ada Heritage Kurniawan, Wahyu Hidayat dan Raden Silvester masing-masing pada trumpet. Saxophone dan trombone serta vokal latar yang di isi Serdadu Sam bersama dengan Fay Ismail, Diki Satya dan Andi Pey. Rilisan single ini juga di dukung dengan musik video berbasis artificial intelligence karya Aristama Roesli sebagai director. Dan AI visual development dan Ekyno selaku offline & online editor.

Rilisan “The Lady with the Sapphire in Her Eyes” di rencanakan menjadi single menuju perilisan album penuh debut Serdadu Sam pada tahun 2024 ini. Saat ini nominator Anugerah Musik Indonesia 2022 untuk kategori produksi progressive terbaik ini sedang merampungkan beberapa materi lagu. Yang akan menjadi bagian dari album debutnya tersebut.

“Saya sangat excited dengan proses perampungan materi album debut saya ini. Saya berharap rentang variasi musik dan sound yang cukup luas di album tersebut akan dapat di nikmati. Dan memberikan pengalaman yang unik bagi yang mendengarkan. Yang pasti dalam berkarya Serdadu Sam tetap akan teguh memegang semboyan berekspresi tanpa banyak ekspektasi,” tutupnya.        

Single “The Lady with The Sapphire in Her Eyes” bisa di dengarkan di seluruh platform streaming digital. Mulai 17 Mei 2024 di antaranya Spotify, Apple Music, YouTube Music, TikTok Music dan Langit Musik.(***)